visitaaponce.com

Baik Untuk Kesehatan Jantung, Ini 10 Manfaat Pisang Untuk Kesehatan

Baik Untuk Kesehatan Jantung, Ini 10 Manfaat Pisang Untuk Kesehatan
Ilustrasi(Freepik)

BERASAL dari Asia Tenggara, pisang kini ditanam di seluruh dunia dan tersedia dalam berbagai warna, bentuk, dan ukuran. Pisang kuning dan yang berwarna hijau ketika masih mentah merupakan jenis pisang yang paling umum dikonsumsi.

Pisang mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan, dari kesehatan jantung hingga perawatan kecantikan dan dukungan pencernaan. Jadi, ada banyak alasan mengapa Anda harus memasukkan buah-buahan ini ke dalam menu makanan harian Anda. 

Berikut 10 manfaat pisang bagi kesehatan: 

1. Menjaga kesehatan jantung

Baca juga : Lingkungan yang Mendukung Kunci Penanggulangan Obesitas Anak

Gangguan jantung merupakan salah satu penyakit yang menyebabkan angka kematian menjadi cukup tinggi. Anda dapat mengonsumsi makanan seimbang untuk menjaga kesehatan jantung, salah satunya dengan rutin mengonsumsi pisang.

Buah ini banyak mengandung potasium. Potasium merupakan mineral yang dapat menjaga kesehatan jantung dan tekanan darah, sehingga mengurangi risiko penyakit jantung di kemudian hari.

2. Menurunkan risiko peradangan kronis

Baca juga : 6 Manfaat Pisang untuk Kesehatan, Ibu Hamil Harus Makan ini

Buah pisang mengandung antioksidan yang cukup untuk memberikan efek positif bagi kesehatan. Antioksidan melindungi tubuh dari berbagai kerusakan akibat aksi radikal bebas.

Perlindungan yang diberikan oleh antioksidan dapat mengurangi risiko peradangan pada tubuh. Sehingga dengan mengonsumsi pisang Anda dapat menurunkan risiko peradagangan kronis, terutama pada usus.

3. Membantu proses penyembuhan luka

Baca juga : Makan Buah Kiwi Dapat Tingkatkan Kesehatan Mental Selama 16 Hari, Studi Terbaru

Ternyata tidak hanya dagingnya, kulit pisang juga mengandung antioksidan dan anti inflamasi yang dapat mempercepat proses penyembuhan luka. Namun, perlu diingat bahwa manfaat ini hanya bisa efektif dilakukan pada luka ringan. 

Penggunaannya, Anda bisa mencoba dengan mengoleskan bagian dalam kulit buah pisang ini pada luka yang ringan. Meski demikian, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan manfaat metode ini.

4. Menjaga kesehatan mata

Baca juga : Tahukah Kamu Apa Itu Buah Lontar? Ini Dia 10 Manfaatnya untuk Tubuh

Pisang mengandung vitamin A dan E yang sangat baik untuk kesehatan mata. Selain itu, buah ini juga mengandung lutein dan antioksidan yang merupakan nutrisi penting untuk mengurangi risiko degenerasi makula.

5. Mencegah anemia

Jika Anda rentan mengalami anemia, pastikan untuk rutin mengonsumsi pisang. Buah ini mengandung asam folat yang sangat tinggi sehingga  membantu mengoptimalkan proses produksi sel darah merah dan mencegah anemia.

6. Meredakan sakit pencernaan

Serat umumnya berkontribusi terhadap keteraturan dan menjaga kesehatan pencernaan. Serat larut dan jenis serat lain yang terdapat pada pisang biasa disebut prebiotik. Kedua jenis serat tersebut dapat menjaga sistem pencernaan berjalan lancar dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Pisang juga dianggap sebagai makanan yang mudah dicerna dan merupakan bagian dari resep makanan ringan bagi orang yang menderita masalah pencernaan seperti kembung, diare, dan muntah.

Tidak hanya itu, pisang juga bermanfaat bagi penderita gangguan pencernaan seperti penyakit refluks gastrointestinal atau GERD, diare saat bepergian, divertikulosis, dan bagi orang yang baru pulih dari operasi  gastrointestinal.

7. Meningkatkan fungsi otot

Pisang adalah sumber elektrolit alami seperti potasium, yang diperlukan untuk fungsi otot yang baik. Kadar kalium yang tidak mencukupi dalam darah dapat menyebabkan kelemahan otot.

Oleh karena itu, kadar kalium yang cukup sangat penting karena kadar kalium yang tidak mencukupi dapat menyebabkan kelelahan otot sehingga mengganggu kinerja.

8. Menambah energi

Pisang adalah sumber karbohidrat yang baik, yang diubah tubuh menjadi energi. Gula alami pada pisang juga dapat membantu meningkatkan  daya tahan dan stamina Anda.

9. Meningkatkan suasana hati dan kesehatan mental

Serotonin adalah neurotransmitter yang sering terlibat dalam mengatur suasana hati. Ketika serotonin dilepaskan, Anda merasa baik dan  bahagia. 

Meski serotonin sendiri tidak ditemukan dalam makanan, pisang mengandung triptofan, sejenis asam amino yang bisa meningkatkan produksi serotonin. Sehingga neurotransmitter dapat  meningkatkan mood dan meringankan gejala depresi.

10. Menjaga kesehatan kulit 

Terakhir, manfaat pisang untuk kesehatan yaitu baik untuk kulit dan rambut. Kaya akan antioksidan, pisang dan kulitnya memiliki efek revitalisasi pada kulit dan dapat membantu memperbaiki sel-sel yang rusak.

Vitamin A yang terdapat pada pisang juga membantu memudarkan flek hitam dan bekas luka pada kulit. Kulit pisang bisa dioleskan langsung ke area wajah yang rawan jerawat.

Anda juga bisa mencampurkan pisang dengan bahan lain seperti yogurt dan kunyit untuk membuat masker wajah yang dapat mencegah jerawat dan mencerahkan kulit. 

Vitamin B yang terdapat dalam pisang juga  membantu melindungi kulit dari radikal bebas berbahaya penyebab penuaan dini. (Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat