visitaaponce.com

Daftar 10 Minuman yang Berkhasiat untuk Kesehatan Jantung dan Paru-paru

Daftar 10 Minuman yang Berkhasiat untuk Kesehatan Jantung dan Paru-paru
Minuman jus hijau, salah satu yang baik untuk kesehatan jantung dan paru-paru.(Dok. Freepik)

JANTUNG dan paru-paru merupakan dua organ penting tubuh manusia. Jantung merupakan organ yang berperan penting dalam berbagai fungsi tubuh. Oleh karena itu, penting untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan minuman sehat dan bernutrisi guna menjaga kestabilan fungsi jantung.

Sementara paru-paru yang terletak di rongga dada bagian atas, dekat jantung berfungsi untuk mengalirkan oksigen ke dalam darah dan mengeluarkan karbondioksida dari darah. Oleh karena itu, kesehatan kedua organ penting dalam tubuh ini harus dijaga, misalnya melalui makanan dan minuman yang sehat.

Mengonsumsi makanan dan minuman sehat serta menghindari makanan berlemak, bergula, dan manis merupakan awal yang baik untuk menjaga kesehatan jantung dan paru-paru. Lalu minuman apa saja yang baik untuk kesehatan jantung dan paru-paru? Berikut beberapa minuman yang baik untuk kesehatan jantung dan paru-paru.

Baca juga : Produk Nutrisi Kesehatan Jantung Pertama di Indonesia Dirilis di Hari Lanjut Usia Nasional

Minuman untuk Kesehatan Jantung

1. Jus Hijau

Campuran jus sayuran adalah pilihan yang bagus untuk orang yang tahu bahwa mereka harus makan sayuran tetapi tidak menyukai rasanya. Cobalah mencampurkan sayuran hijau yang menyehatkan jantung dengan buah-buahan dan pemanis alami seperti madu.

Pertama, pilihlah jus yang terdapat bayam atau kangkung. Keduanya merupakan makanan super yang menyehatkan jantung karena kaya akan kalsium, zat besi, dan flavonoid untuk peradangan.

2. Jus Delima

Buah delima mengandung antioksidan yang mencegah pengerasan dan penyempitan pembuluh darah yang membawa darah ke jantung. Buah ini juga mempunyai efek menurunkan tekanan darah, karena memiliki kandungan polifenol yang berperan dalam mengurangi peradangan dan melancarkan sirkulasi darah.

Baca juga : 6 Manfaat Luar Biasa Air Tebu bagi Kesehatan

3. Matcha

Matcha merupakan salah satu minuman dari teh hijau yang mengandung epigallocatechin gallate (EGCG) yang memiliki sifat antioksidan dan anti inflamasi. Penelitian telah menunjukkan bahwa EGCG dapat membantu mencegah aterosklerosis dan mengurangi peradangan dan kerusakan sel. Oleh karena itu, meminum matcha dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung.

4. Kopi

Penelitian menunjukkan bahwa orang yang minum tiga hingga lima cangkir kopi setiap hari memiliki risiko lebih rendah terkena penyakit jantung, stroke, dan gagal jantung. Namun, minumlah kopi secukupnya dan hindari krim berlemak dan gula yang tinggi.

5. Jus Tomat

Kaya akan vitamin C, E, zat besi, magnesium, dan potasium yang membantu menjaga aliran darah. Tomat juga mengandung antioksidan yang memperkuat arteri dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Baca juga : Resep Minuman Sehat buat Perempuan, Coba Deh di Rumah Cuma 3 Bahan

6. Cokelat Panas

Kakao kaya akan mineral dan antioksidan yang berdampak positif bagi kesehatan jantung. Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi produk kakao dapat menurunkan tekanan darah, meningkatkan fungsi pembuluh darah, dan mengurangi risiko penyakit jantung. Namun, konsumsi cokelat asli bukan minuman kemasan rasa cokelat yang tinggi gula.

Minuman untuk Kesehatan Paru-paru

1. Air Putih

Air sangat penting untuk menjaga hidrasi dan fungsi paru-paru. Ini juga mengencerkan lendir di sistem pernapasan Anda sehingga tubuh dapat mengeluarkannya dan mencegah penumpukan yang dapat menyebabkan kesulitan bernapas. Biasanya orang dewasa disarankan untuk mengonsumsi air putih sebanyak delapan gelas sehari. 

2. Teh Jahe dan Kunyit

Teh ini membantu meredakan peradangan dan memperkuat sistem pernapasan. Untuk mengendalikan hidung tersumbat dan batuk , kunyit bisa menjadi obat yang baik. Kombinasi khasiat teh kunyit dan jahe memiliki zat anti kanker selain sifat anti inflamasi.

Baca juga : Pola Makan Sehat Pengaruhi Produktivitas Kerja, Kok Bisa?

3.Teh Hijau

Dalam beberapa tahun terakhir, teh hijau menjadi sangat populer. Ia memiliki antioksidan tingkat tinggi, yang membantu menurunkan tingkat peradangan di paru-paru. Minum secangkir di pagi hari dan satu cangkir di malam hari bisa menjadi awal yang baik untuk membantu kesehatan paru-paru. 

4. Air Panas Madu

Kombinasi air panas dan madu membantu meredakan batuk dan memperkuat saluran pernapasan. Madu kaya akan sifat anti-inflamasi. Ini membantu membersihkan tubuh dari bakteri. Kombinasi dengan air panas dapat membantu mendetoksifikasi paru-paru dan menghilangkan polutan yang terhirup.

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat