visitaaponce.com

Jemaah Haji Kloter Pertama dalam Kondisi Baik

Jemaah Haji Kloter Pertama dalam Kondisi Baik
Pelepasan keberangkatan kloter pertama jamaah calon haji Indonesia(ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

KONDISI jemaah haji kloter pertama dari embarkasi Jakarta Pondok Gede (JKG 01) dilaporkan berada dalam keadaan baik. Kendati demikian, tim kesehatan yang berada di bandara harus tetap siaga untuk memberikan pelayanan kesehatan apabila ada jemaah yang membutuhkan.

"Kepada para jemaah saat pertama kali mendarat untuk beradaptasi dengan kondisi dan lingkungan di Arab Saudi yang sangat berbeda dengan di Indonesia," kata Kepala Bidang Kesehatan PPIH Arab Saudi Tahun 2024 dr Indro Moerwoko, Senin (13/5).

Para jemaah haji juga harus mulai menata kondisi kesehatan setelah perjalanan yang panjang dengan cara istirahat cukup dan tidak memaksakan untuk beribadah jika kondisi tubuh tidak fit.

Baca juga : Jemaah Haji Kloter I Jakarta Cukup Istirahat Berkat Fast Track

"Jemaah haji harus sudah mulai diedukasi oleh PPIH terkait masalah kesehatan agar tidak memaksakan diri untuk melakukan aktivitas ibadah," ujar Indro.

Diketahui jemaah haji kloter pertama dari embarkasi Jakarta Pondok Gede (JKG 01), yang menggunakan pesawat Garuda Indonesia nomor penerbangan 7301, tiba di Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA), Madinah, Arab Saudi, Minggu (12/5) pukul 08.00 waktu Arab Saudi (WAS).

Jemaah masuk Arab Saudi menggunakan jalur cepat atau fast track, yakni jalur untuk memudahkan proses kedatangan jemaah karena proses imigrasi telah selesai di bandara keberangkatan.

"Layanan Fast Track atau disebut Makkah Route ini digunakan untuk kedatangan jemaah calon haji Indonesia yang terbang dari Bandara Soekarno Hatta Jakarta (embarkasi JKG), Bandara Juanda Surabaya (embarkasi SUB), dan Bandara Adi Sumarmo Solo (embarkasi SOC)," pungkasnya. (Iam/P-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Akmal

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat