visitaaponce.com

Wapres Maruf Amin Lepas Rombongan Jemaah Haji Kloter 71 Melalui Fast Track di Adi Soemarmo

Wapres Ma'ruf Amin Lepas Rombongan Jemaah Haji Kloter 71 Melalui Fast Track di Adi Soemarmo
Wapres KH Ma'ruf Amin melakukan dialog dengan rombongan jemaah haji Kloter 71 dari Kudus.(MI/Widjajadi.)

"SEMOGA menjadi haji yang mabrur ya," pesan Wakil Presiden RI, KH Ma'ruf Amin kepada rombongan jemaah calon haji (calhaj) Kloter 71 dari Kudus, yang baru saja selesai mengurus dokumen haji di Makkah Route yang ada di kawasan Embarkasi Solo (SOC), Jumat (31/5).
 
Dialog singkat antara Wapres dengan para jemaah dari Kudus di fast track Makkah Route itu cukup cair yang mengundang senyum ceria Dubes Arab untuk Indonesia dan para pejabat Keimigrasian Arab Saudi, serta para pejabat Kementerian Agama RI.

Selain melepas rombongan jemaah Kloter 71 dari Kudus, Ma'ruf bersama pejabat Keimigrasian Arab Saudi meresmikan layanan Makkah Route yang ada di Bandara Adi Soemarmo.  
 
Layanan fast track merupakan fasilitas preclearance atau pemeriksaan dokumen jemaah haji oleh Keimigrasian Arab Saudi di Indonesia. Proses pemeriksaan dokumen visa dan paspor sangat cepat, dan jemaah begitu terbang dan landing di Jedah tidak lagi perlu pemeriksaan.
  
"Cepat tidak (pemeriksaan fasy track) di sini. Kita diperiksa nanti sampai di Jedah tidak lagi. Terima kasih, ini semua (berkat) bapak bapak (petugas dari Arab Saudi) ini. Semoga jadi haji mabrur ya," ujar Wapres.

Setelah berdialog, Wapres beserta rombongan, menuju pesawat Garuda yang akan memberangkatkan jemaah calhaj Kloter 71 dari Kudus. Ikut dalam rombongan Wapres yang melepas jemaah Kloter 71 adalah Menag Yaqut Cholil Qoumas, Ketua PPIH Embarkasi Solo, Musta'in Ahmad dan psra pejabat Keimigrasian Arab Saudi.

Baca juga : 64.149 Jemaah Haji Tiba di Tanah Air, Sepertiga dari yang Diberangkatkan

Panitia Penyelenggara Ibadah Haji ( PPIH ) Embarkasi Solo sepanjang Jumat (31/5), memberangkatkan 4 Kloter Jemaah calhaj dari Kudis dan Jepara. Para tamu Allah itu merupakan Kloter 69, 70, 71, 72, dan 73.

Humas PPIH Embarkasi Solo, Gentur Rahma Indrijadi menjelaskan, dengan tuntasnya pelepasan 73 kloter ke Arab Saudi pada Jumat, maka jumlah jemaah yang sudah diberangkatkan sebanyak 26.296 jemaah.
 
Bersamaan pemberangkatan Kloter 71 menuju Tanah Suci Mekkah, datang pula 4 rombongan jemaah asal Jepara dan Pati memasuki kompleks Asrama Haji Donohudan, Boyolali. Mereka ini merupakan Kloter 74 hingga 77, yang akan diberangkatkan pada Sabtu (1/6).

Gentur menambahkan, hingga kini sudah ada 7 jemaah haji Embarkasi Solo yang wafat, dengan rincian 3 di Mekkah, 2 Medinah dan dua saat masih di Asrama Haji Donohuda . Sementara jemaah haji yang sakit ada 5 orang. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat