visitaaponce.com

DPR Apresiasi Peningkatan Layanan Haji 2024

DPR Apresiasi Peningkatan Layanan Haji 2024
Layanan haji 2024 diapresiasi(MI/Heri Susetyo)

WAKIL Ketua Komisi VIII Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Ace Hasan Syadzili mengapresiasi terhadap upaya Kementerian Agama (Kemenag) dalam meningkatkan pelayanan bagi jamaah calon haji dengan memperkenalkan layanan fast track di Imigrasi Pemerintah Arab Saudi.

"Kami memberikan penghargaan atas langkah inovatif Kementerian Agama untuk meningkatkan layanan kepada jamaah haji pada tahun ini," ucap Ace setelah menghadiri pelepasan kloter pertama Haji Indonesia di Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang, Minggu dini hari.

Dia menyatakan bahwa persiapan fasilitas, termasuk tempat, kendaraan, petugas, dan fasilitas fast track untuk pemeriksaan dokumen keimigrasian bagi jamaah haji, telah dilakukan dengan baik.

Baca juga : Jemaah Haji Diminta tidak Panik saat Tersesat

Ace juga mencatat bahwa layanan fast track untuk jamaah haji telah diperluas oleh Kementerian Agama tidak hanya di Bandara Soekarno-Hatta, tetapi juga di beberapa bandara lain seperti di Solo dan Surabaya.

"Ini juga merupakan hasil dari upaya Presiden Jokowi yang terus berkomunikasi dengan Raja Saudi Arabia," katanya.

Dia berharap bahwa selain fast track, akan ada inovasi lain yang dapat lebih meningkatkan layanan bagi jamaah haji asal Indonesia.

Baca juga : Cegah Terjadinya Tragedi Muzdalifah 2023, Komnas Haji Minta Kemenag Ber Perhatian Khusus Prosesi Mabit

"Kita berharap akan ada inovasi lain di masa mendatang untuk meningkatkan pelayanan kepada semua jamaah," ujarnya.

Menurutnya, jumlah jamaah calon haji tahun ini adalah yang terbesar dalam sejarah Indonesia, mencapai 241.000 orang, dengan 393 orang jamaah kloter pertama Embarkasi Jakarta - Pondok Gede (JKG 01).

"Dan ini menandai dimulainya fase pemberangkatan jamaah calon haji Indonesia ke Tanah Suci. Tentu saja, ini memerlukan pelayanan ekstra dari pemerintah Indonesia, khususnya dari Kementerian Agama," tambahnya.

Kuota jamaah calon haji Indonesia tahun ini adalah 241.000 orang, terdiri dari 213.320 jamaah calon haji reguler dan 27.680 jamaah calon haji khusus. Layanan fast track telah diberikan kepada 128.450 orang jamaah (60,21 persen jamaah haji reguler) yang berangkat dari Bandara Soetta-Cengkareng, Adi Soemarmo-Solo, dan Juanda-Surabaya. (Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat