visitaaponce.com

PB PMII Gelar Indonesia Human Development View Forum Menuju Indonesia Emas 2045

PB PMII Gelar Indonesia Human Development View Forum Menuju Indonesia Emas 2045
Pelaksanaan 'Indonesia Human Development View Forum' atau Forum Peninjauan Pembangunan Manusia Indonesia(Dok.PB PMII)

PENGURUS Besar Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PB PMII) menggelar pelaksanaan Indonesia Human Development View Forum atau Forum Peninjauan Pembangunan Manusia Indonesia.

Kegiatan tersebut dengan mengusung tema "Strategi Pembangunan Manusia Unggul Menuju Indonesia Emas 2045", Kamis (23/05) siang di Ibis Budget Menteng, Jakarta Pusat.

Hasnu Ibrahim Ketua Pelaksana kegiatan menjelaskan, forum ini merupakan upaya aktivisme dan akademik yang dilakukan oleh PB PMII sebagai kelompok pemuda dan mahasiswa untuk terlibat secara aktif dalam pembangunan bangsa Indonesia.

Baca juga : PB PMII Gagas Indonesia Maritime and Fisheries View Forum Menuju Indonesia Emas 2045

"Forum ini upaya aktivisme dan akademik yang dilaksanakan oleh PMII sebagai kelompok agen perubahan dalam memberikan input kepada pemerintahan guna mewujudkan Indonesia Emas 2045," jelas Hasnu.

Hasnu mengatakan, melalui forum ini akan terjadi titik temu bagaimana desain kebijakan pembangunan manusia unggul yang adaptif, kreatif, visioner dan sesuai dengan kebutuhan dan tantangan zaman.

Hasnu yang juga Wasekjen PB PMII Bidang Politik, Hukum dan HAM tersebut menjelaskan, berbicara mengenai Indonesia Emas 2045 ini merupakan visi misi jangka panjang yang harus didesain sebaik mungkin.

Baca juga : Kepala OIKN Klaim Pembangunan IKN sebagai Transformasi untuk Peradaban Baru

"Kalau narasi Indonesia Emas ini tidak dirancang secara baik maka ini akan menjelma menjadi Indonesia cemas, sebab, bonus demografi akan menjadi bencana demografi menuju 100 tahun kemerdekaan Indonesia," kata Hasnu.

Melalui forum ini, kata Hasnu, ada 4 komponen kunci yang ditelaah secara seksama, aspek pendidikan, aspek ekonomi, aspek political will dan leadership, dan sumber daya manusia atau modal manusia (human capital).

Menurut Hasnu, hal ini penting dilakukan, sebab, kalau kita mencermati peta jalan negara nusantara di sana ada 3 variable ukur yakni negara nusantara berdaulat, maju, dan berkelanjutan.

Perlu diketahui, kegiatan ini menghadirkan narasumber Prof Harris Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendikbud Ristek RI, Dr. Susianah Affandy Direktur Pemberdayaan Masyarakat IKN, Boni Hargens Akademisi Universitas Indonesia/Pendiri Lembaga Pemilih Indonesia dan Eliza Mardian Peneliti CORE Indonesia.

Sementara itu, kegiatan ini dihadiri oleh PB PMII, Kader PMII Jakarta, Organisasi Cipayung Nasional, Perwakilan BEM, Mahasiswa dari berbagai kampus Jabodetabek dan masyarakat umum. (Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat