visitaaponce.com

Seorang Calon Haji Asal Soppeng Meninggal Dunia di Jeddah

Seorang Calon Haji Asal Soppeng Meninggal Dunia di Jeddah
Dengan dibantu petugas, jemaah haji Indonesia memasuki Raudhoh menggunakan surat izin(MI)

SEORANG calon haji asal Kabupaten Soppeng Embarkasi Makassar meninggal dunia. Jemaah bernama Nurasia Ladalle, 51, itu meninggal saat tiba di hotel di Jeddah Arab Saudi
 
Sekretaris Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Makassar, Ikbal Ismail, mengatakan bahwa calon haji yang tergabung dalam kloter 16 tersebut meninggal diduga terkena serangan jantung saat tiba di Jeddah. 
 
"Kami dapat laporan dari teman-teman petugas di Mekkah. Almarhum meninggal di pemondokan dan diduga penyakit jantung," katanya, di Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Sabtu, 25 Mei 2024.

Ia juga mengatakan, tanda-tanda kesehatan Nurasiah terganggu mulai terlihat saat bus yang mengangkut jemaah haji kloter 16 hampir tiba di hotel. 
Saat tiba di depan pintu hotel tempat menginap kloter 16, almarhumah kejang-kejang dan langsung pingsan," ujarnya. 
 
Petugas kesehatan haji Indonesia yang berada di lokasi kemudian membawa dan melakukan pertolongan pertama di lobby hotel dan selanjutnya dirujuk ke rumah sakit untuk penanganan lebih lanjut. 
 
"Saat tiba di RS King Faisal, jemaah atas nama Nurasiah dinyatakan telah meninggal dunia," ungkapnya. 
 
Dengan meninggalnya Nurasiah, selanjutnya akan dilakukan badal haji oleh petugas haji. Badal haji adalah kegiatan menghajikan orang yang telah meninggal (yang belum haji) atau menghajikan orang yang sudah tak mampu melaksanakannya (secara fisik) disebabkan oleh suatu uzur, seperti sakit yang tak ada harapan sembuh.
 
"Kami doakan agar beliau insyaallah husnul khatimah dan jemaah ini akan di-badal-kan hajinya oleh petugas haji di Arab Saudi," ujar dia. (Z-8)
 



Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putra Ananda

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat