visitaaponce.com

Ini Penyebab Anda Sulit Berhenti Merokok

Ini Penyebab Anda Sulit Berhenti Merokok
Ilustrasi(Freepik)

DOKTER Spesialis Kesehatan Jiwa dari Ikatan Alumni FKUI tahun 2023 Kelompok Staf Medis (KSM) Psikiatri Fitri Dona Nainggolan mengatakan sulitnya seseorang berhenti merokok disebabkan oleh perubahan yang terjadi dalam tubuh dan psikologi mereka.

"Kenapa menjadi susah untuk berhenti merokok? Karena seseorang yang ingin berhenti merokok itu, awalnya merasa tidak nyaman ketika tidak merokok. Seperti ada ketegangan. Emosinya juga menjadi sensitif dan mudah marah," kata Dona, dikutip Rabu (29/5).

Oleh karena itu, minggu keempat sering kali menjadi saat ketika banyak orang yang mencoba berhenti merokok akan kembali pada kebiasaan awal mereka.

Baca juga : Diri Sendiri Musuh Utama Perokok Sulit Berhenti

Dona menjelaskan, berdasarkan penelitian, 75% orang yang mencoba berhenti merokok mengalami kekambuhan di minggu keempat.

"Ketika orang yang berhenti merokok tantangannya besar bukan hanya dari diri sendiri, tapi lingkungan juga. Berdasarkan penelitian, 75% orang yang berhenti merokok akan mengalami kekambuhan lagi pada minggu keempat," ungkapnya.

Dona menambahkan, perasaan atau pikiran saat ingin merokok dapat dialihkan dengan melakukan kegiatan lain yang positif seperti makan-makanan yang sehat, berolahraga, atau bahkan ngobrol bersama keluarga dan teman.

Baca juga : Studi : Long Covid-19 Lebih Banyak Dialami Laki-laki

Namun, apabila mengalami kesulitan-kesulitan saat ingin mencoba berhenti merokok dapat dikonsultasikan juga kepada dokter spesialis jiwa bagian adiksi.

Adapun, faktor pemicu kebiasaan merokok dapat berasal dari dalam diri sendiri, seperti kebiasaan merokok saat bosan atau dalam situasi tertentu, serta dari lingkungan, seperti teman yang juga merokok.

Untuk berhasil berhenti merokok, penting bagi seseorang untuk mengidentifikasi pemicu-pemicu tersebut dan menetapkan tujuan yang jelas.

Dengan pemahaman akan penyebab merokok, seseorang dapat lebih mudah mengatasi tantangan tersebut dan mencapai keberhasilan dalam berhenti merokok. (Ant/Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat