visitaaponce.com

Menabung 38 Tahun, Pasangan Peternak Kambing Bisa Berangkat ke Tanah Suci

Menabung 38 Tahun, Pasangan Peternak Kambing Bisa Berangkat ke Tanah Suci
Sejumlah umat Islam menghadap ka'bah seusai melaksanakan tawaf di Masjidil Haram, Makkah(Antara)

PASaNGAN suami istri di Kota Kediri Jawa Timur, yang sehari-hari sebagai peternak kambing akhirnya bisa berangkat ke Tanah Suci untuk menunaikan ibadah haji. Perjuangan keduanya selama 38 tahun menabung dari rezeki yang disisihkan sebesar Rp10 ribu setiap minggunya mengantarkan keduanya mencapai cita-citanya.

Kesehariannya Mulyani 64 tahun, warga Kelurahan Manisrenggo Kecamatan Kota Kediri menggembala kambing-kambingnya dan menacari pakan ternak. Sambil mengembala hewan ternaknya, Mulyani mencari rumput, untuk pakan hewan ternaknya saat di rumah.

Tahun ini, Mulyani dan istrinya Winarsih akhirnya bisa berangkat ke Tanah Suci yang tergabung dalam kloter 76 embarkasi Surabaya. Perjuangan pasutri yang keseharian sebagai peternak kambing domba ini untuk menunaikan rukun islam kelima tidaklah mudah.

"Sejak tahun 1987 saya sudah mempunyai niat untuk berangkat haji. Untuk itu saya mulai menabung Rp10 ribu rupiah dari rezeki bekerja serabutan. Dan untuk melunasi biaya haji dengan istri, saya menjual sebanyak 15 ekor kambing dan 2 ekor sapi untuk menutup biaya pelunasan pemberangkatan haji sebesar Rp33 juta," kata Mulyani.

Di sela-sela waktu menggembala hewan ternaknya, Mulyani menambah penghasilan menjadi seorang serabutan. Pada tahun ini, 15 ekor kambingnya dan 2 ekor sapi dijual untuk melunasi ongkos naik haji keduanya, serta 2 ekor kambing lainya disembelih untuk selamatan keberangkatan pada 31 Mei 2024 mendatang. (Z-8)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putra Ananda

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat