visitaaponce.com

Jaga Kesehatan, Lansia Dianjurkan Bergerak Aktif Minimal 150 Menit Per Hari

Jaga Kesehatan, Lansia Dianjurkan Bergerak Aktif Minimal 150 Menit Per Hari
Pesta Nora dengan tema Aktif dan Bahagia Tanpa Pandang Usia”.(Dok Etawalin)

HARI Lanjut Usia Nasional (HLUN) diperingati pada 29 Mei setiap tahunnya. Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk meningkatkan kepedulian terhadap masyarakat lanjut usia (lansia). Ia menjelaskan peningkatan kepedulian terhadap lansia diperlukan dalam menghadapi bonus demografi Indonesia pada 2030, di mana pada tahun tersebut tidak hanya masyarakat produktif yang jumlahnya bertambah, namun juga masyarakat lansia.

"Di saat itu pula, karena usia di Indonesia semakin panjang, semakin banyak para lansia yang akan ada di Indonesia," kata dia pada peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) di Aceh Utara Rabu (29/5).

Dilansir dari Kementerian Sosial RI, hingga tahun 2022, ada sekitar 900 panti jompo di Indonesia dengan total penghuni mencapai 25.000 orang. Angka ini terus meningkat seiring bertambahnya umur harapan hidup penduduk Indonesia. 

Baca juga : Kemensos Gelar Isbat Nikah 176 Pasangan Lanjut Usia di Aceh Utara

Dalam upaya mendukung kesehatan dan kesejahteraan lansia, Etawalin mengadakan acara berjatuk “Pesta Nosta” di Panti Wreda Wisma Mulia, Jakarta Barat. Acara ini bertujuan untuk memberdayakan para lansia supaya hidup lebih aktif dan sehat, serta membawa mereka kembali ke masa-masa prima melalui berbagai aktivitas yang menyenangkan. 

Dengan tema “Aktif dan Bahagia Tanpa Pandang Usia”, acara Pesta Nosta mengajak para lansia bernostalgia dan merasakan kembali kegembiraan dan keceriaan di masa lalu sekaligus bertepatan dengan Hari Lanjut Usia Nasional.

Brand Manager PT Herbathos Untuk Indonesia, Lody Supit menyampaikan dalam sambutan di acara ini, “Sejalan dengan semangat Etawalin yaitu menjadi lebih kuat adalah ajakan hidup lebih sehat dan kami ingin mengajak Opa Oma bisa aktif bergerak dalam kegiatan sehari-hari. 

Baca juga : Peringati Hari Lansia Nasional, RSDH Luncurkan Program Super Senior Club

“Kami berharap acara ini bisa menjadi inspirasi kepada generasi selanjutnya, dengan keakraban dan kehangatan kita semua bisa menjadi kunci untuk mempersembahkan masa depan yang lebih bermakna,” ujarnya. 

Acara selanjutnya sharing session dengan Wellness Coach, Palupi, menjelaskan “Bagi lansia dibutuhkan waktu bergerak 150 menit dalam sehari supaya kita bisa tetap aktif bergerak. Tak hanya itu latihan ini juga dapat menjaga kelenturan otot dan konsentrasi kita.” Pada sesi ini, ia memberikan beberapa contoh gerakan latihan fisik ringan yang dapat dilakukan oleh para lansia dengan gerakan duduk seperti mengepal tangan, mengangkat kaki, dan latihan mengatur nafas.

Selain itu, Etawalin juga mengajak para lansia menikmati hiburan seperti menyanyi bersama dan merayakan beberapa lansia yang berulang tahun di bulan ini. Sebagai bentuk apresiasi, Etawalin juga memberikan bingkisan kepada masing-masing penghuni panti dan menyerahkan donasi kepada pengurus panti. 

“Acaranya seru sekali, saya bisa ikutan menari dan menyanyi. Apalagi ketika saya berhasil menebak lagu Falling in Love with You, ini salah satu lagu kenangan buat saya”, cerita Oma Diah, salah satu penguni panti yang berusia 72 tahun.

"Kami sangat mendukung upaya untuk menghargai dan mensejahterakan para lansia dan acara ini merupakan bagian dari komitmen Etawalin untuk selalu mendukung pola hidup yang lebih sehat. Dalam rangka memperingati Hari Lanjut Usia Nasional, kami ingin berbagi kebahagiaan dan momen yang bisa mengingatkan kembali serunya masa muda agar para lansia dapat tetap bersemangat untuk terus hidup sehat dan aktif”, Lody menambahkan.  (H-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Indrastuti

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat