visitaaponce.com

Peringati Hari Ibu, Parenty Donasikan Popok ke Panti Jompo di Jabodetabek

Peringati Hari Ibu, Parenty Donasikan Popok ke Panti Jompo di Jabodetabek
Parenty mendonasikan popok bagi perempuan lansia ke panti jompo di Jabodetabek, Jumat (22/12).(Ist)

DALAM rangka memperingati Hari Ibu Nasional pada 22 Desember 2023, Parenty donasikan 720 karton popok dewasa Parenty untuk 30 panti jompo di area Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek). Melalui tagline 'Softness of Love', Parenty berupaya memberikan dukungan dan perhatian kepada para perempuan lansia yang tinggal di Panti Jompo Budi Mulia 3 pada Jumat (22/12). 

Selain mendonasikan popok, Parenty juga mengajak para lansia untuk melakukan beragam aktivitas menarik seperti bermain gim, bernyanyi, baca puisi, dan berbagi cerita. Acara ini dihadiri oleh Kepala Panti Sosial Tresna Werdha Budi Mulia 3 Taupik, Kepala Satuan Pelaksana Pelayanan Sosial Panti Sosial Tresna Werdha Budi Mulia 3 Rossyanah Rachmawati, dan Public Relations Manager Parenty Indonesia Titi Nurmalasari.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik 2022, selama 10 tahun terakhir, persentase penduduk lansia di Indonesia meningkat dari 7,57% pada 2012 dan menjadi 10,48% pada 2022.  Dari data ini, jumlah perempuan lansia lebih banyak daripada laki-laki dan terus meningkat seiring dengan peningkatan kesehatan dan angka harapan hidup. 

Titi Nurmalasari, PR Manager Parenty Indonesia, mengatakan, peningkatan populasi lansia dari tahun ke tahun di Indonesia beriringan dengan peningkatan kesehatan dan angka harapan hidup. Berdasarkan data Kementerian Sosial Republik Indonesia, jumlah panti jompo di Indonesia pada 2023 sebanyak 676 atau berkisar 64,4%. 

"Dari data ini diketahui bahwa jumlah panti jompo mendominasi di Indonesia. Oleh karena itu, Parenty turut serta mendukung peningkatan kualitas hidup lansia di Indonesia melalui perhatian dan berbagai aktivitas menarik yang dilakukan bersama para lansia, Dukungan dan perawatan merupakan bagian penting dari kehidupan lansia Selain itu, pada usia ini tentu sudah terjadi penurunan kualitas kesehatan, seperti munculnya masalah kesehatan yang banyak dialami oleh lansia yaitu inkontinensia urin," ujar Titi dalam keterangannya.

Menurut International Continence Society (ICS), inkontinensia urin didefinisikan sebagai keluarnya urin tanpa disadari atau tidak disengaja atau dalam istilah lainnya, kebocoran urin. Pada perempuan lansia juga mengalami menopause. Menopause merupakan salah satu faktor risiko yang menyebabkan inkontinensia urin. Data terakhir 2014 menunjukkan prevalensi perempuan menderita inkontinensia urin di Indonesia mencapai 13,5%.  


Baca juga: Danone Indonesia Kembali Bantu Palestina dan Kini Salurkan Melalui BPJPH


Kepala Panti Sosial Tresna Werdha Budi Mulia 3 Taupik mengatakan pada dasarnya, semakin tinggi tingkat inkontinensia, semakin tinggi pula penurunan kualitas hidup penderita. 

"Oleh karena itu, walaupun perempuan lansia sudah tidak berada di masa parenting, kami berharap para lansia ini tetap mendapatkan dukungan dan perhatian dari berbagai pihak. Bukan hanya dari keluarga, tetapi juga pemerintah dan masyarakat luas," katanya.

Sementara itu, Rossyanah Rachmawati, Kepala Satuan Pelaksana Pelayanan Sosial Panti Sosial Tresna Werdha Budi Mulia 3, menambahkan, pihaknya mengapresiasi upaya dan dukungan dari Parenty untuk donasi popok bagi para lansia dan juga aktivitas menarik bersama lansia pada hari ini. 

"Kegiatan yang dilakukan oleh Parenty ini merupakan salah satu bentuk dukungan dan kepedulian untuk meningkatkan kualitas hidup para lansia dan menjadi pengingat bagi mereka bahwa para lansia wanita ini pernah menjadi bagian berharga dari masa depan anak. Dengan program ini, kami berharap para lansia lebih percaya diri dan bahagia, karena mendapatkan perhatian di masa tuanya dari Parenty," ujarnya. 

Program donasi popok ini juga sebelumnya telah dilaksanakan melalui kerja sama dengan Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) dan Persatuan Istri Veteran Republik Indonesia (Piveri). "Kami mendapatkan respons yang positif dan melihat bahwa program ini dapat membantu meningkatkan kualitas hidup para lansia yang membutuhkan dukungan di usia emasnya. Oleh sebab itu, kami berupaya untuk melanjutkan program ini dengan menyasar target lansia yang lebih besar," pungkas Titi.

Parenty sebagai brand yang berfokus pada teknologi dan kualitas produk percaya bahwa dukungan untuk lansia juga dapat diberikan melalui perawatan dan pemilihan popok yang tepat. Faktanya, para lansia yang mengalami inkontinensia urin dapat kehilangan kepercayaan diri dan tidak ingin berada jauh dari toilet. Oleh karena itu, pemilihan popok yang lembut dan berdaya serap tinggi dapat menjadi pilihan yang nyaman untuk para lansia. (RO/I-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat