visitaaponce.com

4.743 Jemaah Haji ke Makkah Hari Ini

4.743 Jemaah Haji ke Makkah Hari Ini
Jamaah bersiap menuju Kota Makkah seusai melakukan miqat di Masjid Bir Ali, Madinah, Arab Saudi, Rabu (30/11/2022).(ANTARA/MUHAMMAD IQBAL)

Sebanyak 4.743 jemaah haji Indonesia gelombang I telah diberangkatkan dari Madinah menuju Makkah. Adapun 2 kloter terakhir yang diberangkatkan dari Madinah yakni kloter BPN 07- Kota Tarakan dan SUB 45-Kabupaten Gresik, sebanyak 691 jemaah. Mereka diberangkatkan dari Masjid Bir Ali sekitar pukul 09.00 Waktu Arab Saudi (WAS).

Kepala Daerah Kerja Madinah, Ali Machzumi mengatakan pemberangkatan pada 1 Juni 2024 merupakan kloter terakhir dari gelombang I yang diberangkatkan ke Makkah.

"Pada hari ini 1 Juni 2024 merupakan kloter keberangkatan terakhir ada SUB 45 dan BPN 07. Pagi tadi berangkat dari hotel dari sektor 3 dan sektor 5," kata Ali Masjid Bir Ali, Madinah, Sabtu (1/6).

Baca juga : Jemaah Haji Kloter 2 Aceh Diterbangkan ke Jeddah

Setibanya di Masjid Bir Ali, para jemaah turun sejenak untuk melaksanakan salat sunnah umroh. Kemudian mereka membaca niat umroh wajib di dalam bus.

Ali menuturkan para jemaah yang diberangkatkan terakhir ini dalam keadaan sehat.

"Alhamdulillah semua jemaah dalam keadaan sehat dan telah diberangkatkan ke Makkah untuk melaksanakan umroh wajib," kata Ali.

Baca juga : Menuju Makkah, Jemaah Haji dari Madinah harus Melewati 3 Pos Pemeriksaan

Jemaah haji yang masih dalam perawatan di rumah sakit dan Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Madinah akan diberangkatkan dalam waktu dekat. Secara bertahap mereka akan pergi ke Makkah sampai 7 Juni 2024. "Ada beberapa yang dirawat di KKHI dan rumah sakit, nanti akan diberangkatkan sampai 7 Juni untuk mengikuti rangkaian puncak haji," kata Ali.

Sementara itu, petugas haji yang bekerja di Daerah Kerja Madinah akan mulai diberangkatkan menuju Makkah pada 3 Juni 2024. Nantinya pada pelaksanaan puncak ibadah haji mereka akan ditempatkan di Arafah. Sehingga sebelum puncak haji dimulai mereka akan melakukan sejumlah persiapan untuk menyambut jemaah haji Indonesia di Arafah.

"Kita akan ke Makkah pada 3 Juni untuk mempersiapkan pelaksanaanpuncak haji di Arafah," kata Ali.

Sebagai informasi, berdasarkan data Siskohat Kementerian Agama sebanyak 90.131 jemaah haji reguler Indonesia tiba Arab Saudi melalui Bandara Amir Muhammad bin Abdulaziz, Madinah. Setelah tinggal 9 hari di Madinah, mereka kemudian diberangkatkan menuju Mekkah untuk mengikuti rangkaian puncak ibadah haji pada 15 Juni 2024 mendatang. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat