visitaaponce.com

DPR Berharap Jemaah Meninggal di Tanah Suci Diharapkan Berkurang

DPR Berharap Jemaah Meninggal di Tanah Suci Diharapkan Berkurang
Anggota Komisi IX DPR RI dari Fraksi PKS Netty Prasetiyani Aher mendesak pemerintah mengawasi ketat kondisi kesehatan jamaah haji Indonesia(MCH)

ANGGOTA Komisi IX DPR RI dari Fraksi PKS Netty Prasetiyani Aher mendesak pemerintah mengawasi ketat kondisi kesehatan jamaah haji Indonesia tahun 2024, khususnya calon haji lansia.

"Pengawasan kesehatan jamaah haji Indonesia harus dilakukan secara intens mengingat mayoritas yang berangkat para lansia. Pastikan adanya cek kesehatan berkala dari petugas, baik saat mereka masih di embarkasi, maupun ketika sudah di tanah suci," kata Netty, Selasa (4/6).

Dengan adanya monitoring kesehatan yang intensif, Netty berharap angka kematian jemaah haji Indonesia pada 2024 dapat turun signifikan jika dibandingkan 2023. Tercatat, jemaah yang meninggal di tanah suci pada tahun lalu mencapai 773 orang.

Baca juga : Komisi VIII DPR Dukung Penyelenggaraan Haji 2023 Ramah Lansia

"Apalagi saat ini kondisi cuaca Arab Saudi memasuki musim panas yang pastinya rentan bagi para jemaah Indonesia. Pemerintah harus menyiapkan treatment khusus untuk mengantisipasinya baik dari sisi prasarana maupun penyelenggaraan ibadah haji," tambah Netty.

Menurutnya pemerintah harus mampu mewujudkan penyelenggaraan haji 2024 yang ramah lansia dengan ada perhatian khusus baik layanan kesehatan fisik dan psikis, pendampingan kegiatan maupun dukungan sarana prasarana yang memudahkan aktivitas.

"Para petugas haji harus memiliki kemampuan mendampingi para jemaah haji lansia. Siapkan standar operasional prosedur antisipasi jika jemaah haji lansia mengalami hal-hal yang tak diinginkan," tambahnya.

Ia juga mengapresiasi langkah pemerintah yang menyiapkan menu khusus bagi para jemaah haji lansia.

"Sebaiknya para petugas haji mendata secara langsung jemaah yang membutuhkan menu khusus lansia sejak masih di Indonesia," katanya. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat