visitaaponce.com

Kemendikbud-Ristek Pastikan PPDB Tahun Ini Objektif, Akuntabel dan Transparan

Kemendikbud-Ristek Pastikan PPDB Tahun Ini Objektif, Akuntabel dan Transparan
Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di Posko Pelayanan PPDB SMA Negeri 70, Jakarta Selatan.(Dok. Antara)

KEMENTERIAN Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) memastikan bahwa pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2024/2025 untuk berjalan secara objektif, akuntabel dan transparan.

Untuk mencapai hal tersebut, Direktur Sekolah Dasar, Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Dasar dan Pendidikan Menengah, Kemendikbud Ristek, Muhammad Hasbi mengatakan bahwa pihaknya telah memiliki regulasinya.

“Kemendikbudristek telah menyusun payung kebijakan berupa Permendikbud Ristek No. 1 Tahun 2021 (tentang PPDB) dan aturan turunan berupa Kepsekjen No. 47 Tahun 2023 (tentang pedoman pelaksanaan PPDB),” ungkapnya kepada Media Indonesia, Selasa (4/6).

Baca juga : Cegah Kecurangan PPDB, Mendikbud-Ristek Terapkan Pengawasan Berlapis

Lebih lanjut, Hasbi mengatakan bahwa Kemendikbud Ristek bekerja sama dengan pemerintah daerah telah melakukan persiapan PPDB.

Persiapan tersebut antara lain evaluasi PPDB 2023, pemetaan daya tampung, penetapan zonasi, penyusunan juknis, penetapan pelaksana, pengembangan sistem online, dan penandatanganan pakta integritas lintas sektor.

Sementara itu, untuk mengantisipasi terjadinya kasus praktik kecurangan, Kemendikbud-Ristek telah mendorong pemerintah daerah untuk melaksanakan ketentuan Permendikbud Ristek No 1 Tahun 2021 dan Kepsekjen 47/2023.

“Kemendikbud-Ristek juga mendorong pemerintah daerah untuk memantau dan mengawasi jalannya PPDB dengan melibatkan semua perangkat pemerintah daerah di bawahnya. Kemendikbud-Ristek mendorong pemerintah daerah untuk mengambil tindakan tegas terhadap berbagai pelanggaran bila terbukti,” pungkasnya.

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat