visitaaponce.com

Wakil Ketua DPR Soroti Manajeman Transportasi Haji

Wakil Ketua DPR Soroti Manajeman Transportasi Haji
Ilustrasi--Jemaah haji beristirahat usai tiba di Muzdalifah sebelum bertolak ke Mina pada 27 Juni 2023.(AFP/Sajjad HUSSAIN)

WAKIL Ketua DPR RI Lodewijk Freidrich Paulus menyoroti permasalahan berulang dalam penyelenggaraan ibadah haji yang masih menjadi tantangan hingga saat ini. 

Dalam wawancara baru-baru ini, Lodewijk mengingat pengalamannya pada 2012 yang mencerminkan masalah serupa, terutama dalam hal manajemen transportasi.

"Saya kebetulan ikut reguler, walaupun saya waktu itu Panglima Kodam. Tapi, saya merasakan hal yang sama terjadi di titik yang sama yaitu di Muzdalifah tertunda sekian jam. Kalau dulu hampir 18 jam kemarin ada juga tapi kan dampak bagi jemaah-jemaah lansia itu jadi sangat besar," kata Lodewijk, di Makkah, Arab Saudi, Selasa (11/6) waktu Arab Saudi.

Baca juga : Timwas Haji DPR: Jemaah Haji Indonesia Banyak, Tapi Bahan Makanan Impor dari Thailand

Lodewijk menekankan pentingnya manajemen yang baik untuk memastikan kelancaran penyelenggaraan puncak ibadah haji. 

"Prinsip dari pengawasan ini bagaimana pada puncak penyelenggaraan Haji ini berjalan lancar aman dan tertib," tegasnya.

Salah satu solusi yang diusulkan adalah peningkatan teknologi dalam pengawasan jemaah. Lodewijk menyebut aplikasi yang bisa memonitor posisi jemaah sebagai langkah positif. 

Baca juga : DPR RI Dukung Tindakan Tegas Pemulangan WNI yang Pakai Visa Palsu untuk Haji

"Aplikasi itu saya pikir itu bagus ya yang mudah-mudahan berikutnya karena kemarin itu kan kalau aplikasi sudah ada dan dengan teknologi sekarang saya pikir enggak ada masalah untuk itu diintegrasikan dengan telepon handphone aja udah bisa monitor," jelasnya.

Penerapan teknologi ini diharapkan bisa mengatasi masalah jemaah yang hilang atau tersesat. 

"Kita sudah tahu di mana titik-titik kejadian tersebut karena ini sudah berjalan panjang seharusnya udah bisa dipetakan artinya di situlah ditaruh para pengawas," tambah Lodewijk.

Dengan berbagai persiapan yang dilakukan, DPR RI berharap penyelenggaraan ibadah haji tahun ini bisa lebih baik dan memberikan pelayanan optimal kepada para jemaah. (RO/Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat