visitaaponce.com

Akreditasi Unggul Permudah Lulusan Terserap Pasar Kerja

Akreditasi Unggul Permudah Lulusan Terserap Pasar Kerja
UAI raih akreditasi Unggul dari BAN-PT(Dok UAI)

PERGURUAN tinggi swasta (PTS) yang meraih akreditasi unggul memiliki kelebihan dalam hal penyerapan alumni di dunia kerja. Ini karena PTS berakreditasi unggul menggodok mahasiswanya agar saat lulus memiliki budaya mutu yang unggul.

"Jadi, tidak mengherankan jika untuk meraih akreditasi unggul, butuh  konsolidasi bersama, mulai dari rektor, tenaga pendidik, hingga para mahasiswanya untuk mencapai satu tujuan yakni unggul," ungkap Rektor  Universitas Al-Azhar Indonesia (UAI) Prof Dr Ir Asep Saefuddin MSc, terkait akreditasi unggul yang baru diraih UAI di Jakarta, Rabu (12/6).

Ikut hadir, Wakil Rektor I Bidang Akademik Dr Drs Zirmansyah MPd, Wakil Rektor II Bidang Sumber Daya Ir Ade Suryanti MM IPU, Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Dr Faisal Hendra Lc MA, dan Kepala Badan Penjaminan Mutu Dr Hanny Nurlatifah SPi MM.
Asep menyampaikan UAI meraih akreditasi Unggul dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) pada Selasa (4/6) lalu. Penetapan akreditasi Unggul berdasarkan Surat Keterangan BAN-PT No 1152/SK/BAN-PT/Ak/PT/VI/2024.

Baca juga : Universitas Kristen Krida Wacana (UKRIDA) Raih Akreditasi Unggul

Akreditasi Unggul merupakan peringkat akreditasi tertinggi kepada perguruan tinggi atau program studi yang dianggap memenuhi kriteria akreditasi BAN-PT.

Menurut Asep, persyaratan yang harus dipenuhi perguruan tinggi untuk mendapatkan akreditasi Unggul yaitu terdapat bukti kuat terkait dengan praktik pengembangan budaya mutu, terdapat perolehan status akreditasi program studi, terjadi efektivitas pembelajaran, dan adanya publikasi jurnal dalam 3 tahun terakhir. "BAN-PT telah melaksanakan penilaian dan memutuskan bahwa UAI memenuhi syarat untuk meraih akreditasi Unggul," ujar Asep.

Wakil Rektor I Bidang Akademik Dr Drs Zirmansyah MPd mengatakan sebelumnya BAN-PT telah mengadakan proses asesmen lapangan Akreditasi Perguruan Tinggi (APT) di Auditorium UAI pada Kamis (30/5). Asesor BAN-PT yaitu Prof Dr Muhammad Nasir SE MSi, Prof Dr Budi Murtiyasa, Prof Dr Angkasa SH MHum, dan Prof Dr Asaril Muhajir MAg.

BAN-PT bertugas menilai proses asesmen lapangan akreditasi perguruan tinggi di UAI. Asesmen lapangan dilakukan beberapa tahap mulai dari tahap penilaian para pimpinan, verifikasi penetapan data Laporan Kinerja Perguruan Tinggi (LKPT) final, penilaian pelaksanaan penjaminan mutu internal, penilaian manajemen perguruan tinggi, serta wawancara kepada dosen, tenaga kependidikan, alumni, dan mahasiswa. 
 
"Dengan keberhasilan UAI dalam meraih akreditasi Unggul, diharapkan dapat terus meningkatkan kualitas pelayanan pendidikan dan memberikan lebih banyak kontribusi terhadap masyarakat, bangsa dan negara," kata Zirmansyah.

Kepala Badan Penjaminan Mutu Dr Hanny Nurlatifah SPi MM menambahkan dengan status akreditasi Unggul, UAI termasuk dalam 18 PTS yang meraih akreditasi Unggul dari 196 PTS di LLDikti Wilayah III Jakarta. "Untuk universitas Islam, UAI merupakan yang ketiga setelah Uhamka dan Universitas Muhammadiyah Jakarta," pungkas Hanny. (H-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Indrastuti

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat