visitaaponce.com

Hati-Hati Memilih Terapi Stem Cell, Terbaik Berasal dari Tali Pusat

Hati-Hati Memilih Terapi Stem Cell, Terbaik Berasal dari Tali Pusat
Ilustrasi - Terapi stem cell menjadi harapan baru dalam pengobatan, namun perlu kehati-hatian dalam memilih sumbernya. (AFP)

TERAPI stem cell atau sel punca menjadi pengobatan masa depan. Stem cell adalah terapi yang diberikan dengan sel hidup, seharusnya diberikan melalui infus ke dalam tubuh kita supaya sel itu tetap hidup dan bisa bekerja.

Sedangkan produk yang diklaim stem cell tetapi masuk ke dalam tubuh dengan cara diminum, baik berbentuk kapsul, tablet, atau bubuk, dapat dipastikan bukan stem cell. 

Terapi stem cell bergantung pada sumbernya, dalam hal ini ada berbagai macam sumber stem cell yang diberikan ke dalam tubuh manusia. Sehingga masyarakat juga perlu berhati-hati dalam memilih sumber terapi stem cell.

Baca juga : Klinik Ini Perkenalkan Metode Perawatan NK Cells

"Dengan demikian, apabila kita mengalami sakit, demam, jatuh, luka, dan sebagainya, stem cell alami dalam tubuh kita akan bekerja secara maksimal untuk bisa mengatasi dan melakukan perbaikan. Tentunya dengan bertambahnya usia, stem cell menjadi semakin menua," kata Direktur Regenic Stem Cell, dr. Sandy Qlintang, Minggu (23/6).

Ketika menjadi tua, fungsi stem cell menurun, baik dalam jumlahnya maupun kualitasnya. Agar stem cell yang ada dalam tubuh tetap sehat, cara yang perlu dilakukan adalah menjaga pola hidup sehat. Jika tidak bisa, maka dapat terjadi kerusakan yang semakin meluas akibat dari kondisi penuaan.

Salah satu terapi stem cell bersumber dari embrio atau janin yang secara etika dan agama dilarang juga berisiko terjadinya keganasan, maka perlu berhati-hati. Sebaliknya, yang berasal dari jaringan dewasa, seperti dari lemak, sumsum tulang, paling aman. Sumber lainnya dapat dari tali pusat bayi.

Baca juga : Celltech dan RS Hj. Bunda Halimah Siap Kerja Sama Pengembangan Sel Punca

"Stem cell yang berasal dari sumber sel atau jaringan dewasa, lalu di manipulasi secara genetic sehingga menjadi stem cell muda seperti embrio adalah stem cell pluripotent yang disebut iPSC (induced Pluripotent Stem Cells). Saya mendengar ada tawaran dari oknum-oknum yang menjual stem cell pluripotent ini. Hati-hati, jenis stem cell ini berbahaya karena dapat menimbulkan keganasan," jelas dr. Sandy.

Ia menekankan, stem cell terbaik berasal dari tali pusat, yang dapat digunakan untuk mengatasi seluruh kerusakan atau masalah-masalah organ tubuh. Stem cell yang aman dan berkualitas diproduksi oleh industri obat atau industri farmasi, karena stem cell merupakan bagian dari produk obat biologi.

Kemudian, industri tersebut harus memiliki sertifikasi CPOB dari BPOM. Kedua hal ini penting untuk memastikan keamanan dan keefektifan atau perbaikan yang diharapkan dalam terapi stem cell. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat