visitaaponce.com

PPDB Bangka Dimulai, 4000 Kursi SMPN Mulai Diperebutkan

PPDB Bangka Dimulai, 4000 Kursi SMPN Mulai Diperebutkan
Suasana PPDB di Bangka(MI/Rendy Ferdiansyah)

Sebanyak 4000 kursi Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMP Negeri) mulai diperebutkan siswa di Kabupaten Bangka, Provinsi Bangka Belitung, pada Senin (24/6).

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2024 untuk jenjang SMP hanya menyediakan daya tampung sebanyak 4000 siswa di sekolah negeri di kabupaten tersebut. Sementara itu, jumlah lulusan Sekolah Dasar Negeri dan Swasta di Kabupaten Bangka mencapai 5562 siswa.

Kepala Dinas Pendidikan, Kepemudaan, dan Olahraga Kabupaten Bangka Rozali mengatakan bahwa PPDB untuk SDN dan SMPN sudah mulai dibuka pada Senin (24/6).

Baca juga : Ribuan Warga Depok Diduga Mengaku Miskin Demi Anaknya Diterima di SMP Negeri

"Untuk PPDB tahun ini sama seperti tahun lalu, ada yang dilakukan secara online dan offline," kata Rozali.

Ia menyebutkan bahwa target rombongan belajar (Rombel) pada PPDB 2024/2025 ini adalah sebanyak 125 ruang untuk menampung 4000 siswa. "Jumlah Rombel 125, dengan kapasitas 32 siswa per Rombel," ujarnya.

Menurut Rozali, di Bangka terdapat 49 SMP, yang terdiri dari 32 SMP negeri dan 17 SMP swasta.

"Daya tampung SMP negeri kami hanya 4000 siswa, sementara jumlah lulusan mencapai 5562 siswa. Nantinya, siswa yang tidak tertampung di negeri bisa memilih bersekolah di 17 sekolah swasta," jelasnya.

Untuk itu, pihaknya meminta kepada seluruh orang tua agar tidak terlalu memaksakan anaknya bersekolah di sekolah negeri karena terbatasnya daya tampung. (Rendy Ferdiansyah)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat