visitaaponce.com

Positif Covid-19, Presiden Honduras Stabil tapi Rentan

Positif Covid-19, Presiden Honduras Stabil tapi Rentan
Presiden Honduras Juan Orlando Hernandez(AFP)

PRESIDEN Honduras Juan Orlando Hernandez harus diberi oksigen ketika menjalani perawatan virus korona atau covid-19 di rumah sakit.

Dokter militer, Letnan Kolonel Juan Diaz, memperingatkan Hernandez masih berada dalam keadaan rentan dan masih perlu dirawat di rumah sakit.

Baca juga: Presiden Honduras Terinfeksi Covid-19

Diaz, yang bekerja di rumah sakit militer di Ibu Kota Tegucigalpa, itu memberi gambaran betapa serius kondisi medis Hernandez, yang dirawat karena pneumonia.

Diaz mengatakan kondisi sang presiden dalam keadaan baik dan demam serta ada gangguan pernapasan. "Ada kemajuan nyata."

Hernandez pada Selasa (16/6) mengatakan tertular virus korona. Selain dirinya, istri dan dua ajudannya juga positif covid-19.

Baca juga: Hakim Perintahkan Presiden Brasil Kenakan Masker di Ruang Publik

Saat itu, ia mengatakan mengalami gejala ringan dan akan bekerja dari jarak jauh. Namun, ia kemudian pergi ke rumah sakit.

Setelah tiba di rumah sakit dengan mengalami batuk, kesulitan bernapas, dan gejala radang, para dokter di rumah sakit menyesuaikan pengobatan bagi Hernandez, termasuk penggunaan oksigen.

Tidak jelas apakah Hernandez masih menggunakan oksigen saat ini.

Baca juga: PBB Desak Israel Batalkan Rencana Aneksasi Tepi Barat

Tim dokter, kata Diaz, juga mengganti cairan ke dalam pembuluh darah Presiden. Ia menambahkan Hernandez ada dalam kondisi stabil namun rentan.

Kondisi kesehatan menjadi pukulan baru bagi Hernandez yang menghadapi tekanan meningkat di dalam negeri setelah penyelidikan penyelundupan narkoba di Amerika Serikat menjerat saudara laki-lakinya dan kemungkinan juga bisa menyeretnya. (Ant/X-15)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Henri Siagian

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat