visitaaponce.com

Hong Kong Catat Nol Kasus Impor Pertama Sejak Awal Juli

Hong Kong Catat Nol Kasus Impor Pertama Sejak Awal Juli
Restoran outdoor di mal di Hong Kong(AFP/ANTHONY WALLACE)

Hong Kong telah mencatat nol kasus baru infeksi virus covid-19 untuk pertama kalinya sejak gelombang ketiga dimulai pada awal Juli. Alhasil kolam renang dan pub di kota itu dapat dibuka kembali mulai Jumat ini.

Pusat Perlindungan Kesehatan mengatakan pada Selasa (15/9) bahwa hanya ada empat kasus impor, yang melibatkan pengunjung dari Jepang, Filipina, Rwanda, dan India. Jadi, jumlah total infeksi covid-19 yang dikonfirmasi di kota semi-otonom itu menjadi 4.975 kasus dan 101 kematian.

Laporan nol kasus lokal covid-19 merupakan yang pertama kalinya dalam beberapa bulan. Angka tersebut menjadi yang terendah sejak 30 Juni, ketika kota itu mencatat dua kasus impor dan sebelum gelombang ketiga dimulai.

Sementara beberapa aturan jarak sosial mulai dilonggarkan, kolam renang akan diizinkan beroperasi dengan kapasitas setengahnya. Pub dan restoran diizinkan, tetapi harus tutup pada tengah malam dan pantai masih tetap ditutup, mengingat risiko kontak dekat yang lebih tinggi.

Dua taman hiburan kota, Ocean Park dan Hong Kong Disneyland Resort, juga akan diizinkan untuk dibuka kembali. Namun, belum diketahui kapan mulai beroperasi.

Baca juga: Pertama Kali, Australia Nol Kematian Covid-19 dalam Dua Bulan

"Pada dasarnya semua tempat yang dijadwalkan akan dibuka kembali dengan batasan tertentu," kata sebuah sumber.

Mengingat jumlah kasus baru covid-19 terus menurun, pemerintah menaikkan jumlah orang yang diizinkan berkumpul di depan umum. Awalnya dua orang, kini menjadi empat orang, dengan batasan yang sama berlaku juga untuk meja di restoran.

Bisnis tertentu, termasuk arena seluncur es, museum, dan pusat permainan, juga diizinkan untuk dibuka kembali.

Ada pun pelonggaran aturan lebih lanjut akan direkomendesikan oleh ahli kesehatan masyarakat dengan mempertimbangkan kemungkinan terjadi peningkatan kasus baru covid-19.

Diketahui Hong Kong telah malakukan program pengujian massal, yang berakhir pada hari Senin. Sebanyak 1,78 juta orang atau seperempat populasi kota telah dites, dan setidaknya 32 pembawa covid-19 teridentifikasi.

Pemimpin kota, Carrie Lam Cheng Yuet-ngor dan pejabat senior diharapkan untuk menyampaikan rincian lebih lanjut dari kebijakan pelonggaran pada sore ini. Lam juga diharapkan memperkenalkan putaran ketiga dana antiepidemi kota. (SCMP/OL-14)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Bude

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat