visitaaponce.com

Inggris Amankan 2 Juta Dosis Vaksin dari Moderna

Inggris Amankan 2 Juta Dosis Vaksin dari Moderna
Ilustrasi vaksin covid-19 yang dikembangkan Moderna.(AFP/Justin Tallis)

PEMERINTAH Inggris telah mengamankan 2 juta dosis kandidat vaksin covid-19 dari Moderna. Vaksin tersebut dijadwalkan tersedia di Eropa pada awal musim semi.

Upaya itu setelah Inggris mengamankan 5 juta dosis vaksin dari perusahaan farmasi asal Amerika Serikat (AS). Kesepakatan baru muncul sehari setelah Perdana Menteri (PM) Inggris Boris Johnson menunjuk Nadhim Zahawi sebagai menteri yang fokus pada penanganan vaksin covid-19.

Saat ini, Inggris memiliki akses ke kandidat vaksin Moderna dengan dosis untuk sekitar 3,5 juta orang. Secara keseluruhan, negara kerajaan mempunyai akses 357 juta dosis vaksin dari tujuh pengembang.

"Dengan berbagai kandidat vaksin, kami siap untuk melakukan vaksinasi. Tentunya setelah mendapat persetujuan dari regulator farmasi," tutur Menteri Kesehatan Matt Hancock.

Baca juga: Filipina Pesan 2,6 Juta Vaksin Covid-19 dari AstraZeneca

Vaksin eksperimental Moderna diketahui 94,5% efektif mencegah infeksi covid-19. Itu berdasarkan data sementara uji coba tahap akhir. Pengiriman suplai vaksin ke Inggris dimulai awal musim semi.

Tepatnya setelah vaksin memenuhi standar Badan Pengatur Obat dan Produk Kesehatan Inggris. Negara itu juga telah memesan 40 juta dosis vaksin yang dikembangkan BioNTech dan Pfizer.

Regulator Inggris dilaporkan menyetujui vaksin BioNTech-Pfizer pekan ini. Adapun pengiriman dimulai dalam waktu dekat. Inggris juga mendapatkan 100 juta dosis vaksin yang dikembangkan AstraZeneca dan Universitas Oxford.(CNA/OL-11)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat