visitaaponce.com

Covid-19 telah Menyebar hingga Benua Antartika

Covid-19 telah Menyebar hingga Benua Antartika
Stasioun penelitian di Semenanjung Antartika(AFP)

PENYEBARAN virus Covid-19 diberitakan telah mencapai Benua Antartika, wilayah yang sejauh ini bebas dari Covid-19. Militer Cile melaporkan adanya 36 kasus positif Covid-19 di stasiun penelitian Bernardo O'Higgins di Semenanjung Antartika.

Dari 36 kasus tersebut, 26 di antaranya adalah personel militer dan 10 pekerja pemeliharaan. Ke-36 pasien Covid-19 tersebut kini telah dievakuasi ke Cile untuk mendapatkan perawatan.

Kabar adanya kasus positif Covid-19 di Benua Antartika muncul beberapa hari setelah angkatan laut Cile mengkonfirmasi adanya tiga kasus di sebuah kapal yang membawa persediaan dan personel milteer ke stasiun penelitian. Kabar tersebut menunjukkan kasus Covid kini telah tercatat di ketujuh benua.

Kapal Sargento Aldea tiba di stasiun penelitian pada 27 November dan berlayar kembali ke Cile pada 10 Desember. Tiga awak Sergento Aldea dinyatakan positif Covid-19 setelah kembali ke pangkalan angkatan laut Cile di Talcahuano.

Angkatan Laut Cile mengatakan semua yang memulai perjalanan ke Antartika telah diberi tes PCR dan semua hasilnya negatif.

Stasiun penelitian Bernardo O'Higgins adalah salah satu dari empat pangkalan permanen yang dimiliki Cile di Antartika dan dioperasikan oleh militer.

Cile adalah negara yang terkena dampak terburuk keenam di Amerika Latin dengan lebih dari 585 ribu kasus Covid-19 yang dikonfirmasi.

Lembaga Survei Antartika Inggris pada Agustus lalu menyatakan akan mengurangi penelitiannya di kutub selatan karena Covid-19. (BBC/R-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Widhoroso

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat