visitaaponce.com

400 Ton Minyak Lewah di Lepas Pantai Tiongkok Imbas Tabrakan Kapal

400 Ton Minyak Lewah di Lepas Pantai Tiongkok Imbas Tabrakan Kapal
Ilustrasi(Antara)

SEKITAR 400 ton minyak tumpah ke Laut Kuning setelah sebuah kapal tanker bertabrakan dengan kapal lain di lepas pelabuhan penerima minyak mentah terbesar di Tiongkok awal pekan ini.

"Jumlah minyak yang tumpah dari kapal ke laut sekitar 400 ton, dan pekerjaan pembuangan darurat dilakukan dengan tertib," kata Administrasi Keselamatan Maritim Shandong dalam sebuah unggahan media sosial.

"Insiden tabrakan tidak berdampak pada kapal yang memasuki dan meninggalkan pelabuhan Qingdao,” tambahnya.

Diaa menambahkan bahwa 12 kapal dekontaminasi dikerahkan untuk membersihkan tumpahan minyak, yang terjadi sekitar 40 mil laut atau 75 kilometer lepas pantai dari pelabuhan Qingdao di timur laut Tiongkok.

Kapal pengangkut curah Panama "Sea Justice" menabrak kapal tanker minyak Liberia "A Symphony" dekat Qingdao pada Selasa (27/4) sekitar pukul 9 pagi, menyebabkan kapal tanker itu kehilangan sejumlah minyak, menurut pernyataan sebelumnya dari manajer kapal Goodwood Ship Management.

"Semua anggota kru telah diperiksa, dan tidak ada yang cedera,” tambahnya.

Seorang pejabat yang tidak disebutkan namanya dengan Administrasi Keselamatan Maritim mengatakan kepada surat kabar negara China Global Times pada Kamis bahwa kargo itu diberi label sebagai "solusi bitumen" tetapi konten spesifiknya memerlukan pengujian lebih lanjut.

"Kebocoran minyak sekarang sudah bisa dikendalikan sepenuhnya dan jika kontrol teknologi diterapkan, itu pasti akan meminimalkan dampak terhadap lingkungan," kata pejabat itu.

Setelah tabrakan, kapal diberitahu untuk tidak pergi dalam jarak sepuluh mil laut atau 18,5 kilometer dari daerah tersebut, menurut pemberitahuan terpisah oleh Administrasi Keselamatan Maritim.

Goodwood Ship Management mengatakan pada Kamis bahwa para manajer terus bekerja sama dengan MSA dalam operasi pembersihan dan penyelidikan insiden ini.

Sebelumnya dikatakan visibilitas yang buruk di daerah tersebut menghambat upaya pembersihan tumpahan minyak. (France24/OL-13)

Baca Juga: Dua Pangkalan Udara Myanmar Diserang Kelompok Tak Dikenal

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Muhamad Fauzi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat