visitaaponce.com

Remaja Perekam Pembunuhan George Floyd Dapat Penghargaan Pulitzer

Remaja Perekam Pembunuhan George Floyd Dapat Penghargaan Pulitzer
Rekaman video yang direkam Darnella Frazier saat polisi Derek Chauvin berlutut di leher George Floyd.(AFP/Facebook/Darnella Frazier)

DEWAN Penghargaan Pulitzer, Jumat (11/6), memberikan penghargaan khusus kepada remaja yang merekam pembunuhan George Floyd oleh seorang polisi kulit putih yang memicu aksi demonstrasi di dunia menentang ketidakadilan rasial.

Darnella Frazier, 16, mendapatkan penghargaan itu di Columbia University, New York, bersamaan dengan upacara penghargaan untuk jurnalisme itu yang digelar secara daring.

Frazier mendapatkan penghargaannya karena 'Dengan berani merekam pembunuhan George Floyd. Video itu kemudian memicu protes terhadap kebrutalan polisi dunia, menggarisbawahi pentingnya peran warga dalam jurnalisme demi mengungkap kebenaran dan keadilan," ungkap Dewan Penghargaan Pulitzer.

Baca juga: AS Berikan Tambahan Bantuan US$150 Juta untuk Militer Ukraina

Frazier merupakan salah satu saksi mata yang bersaksi di pengadulan mantan polisi Minneapolis Derek Chauvin, yang divonis bersalah atas pembunuhan Floyd, April lalu.

Dalam video yang direkam Frazier, Chauvin terlihat berlutut selama lebih dari 9 menit di leher Floyd, pria kulit hitam berusia 46 tahun, saat warga di sekitar meminta Chauvin segera bangkit karena Floyd mengaku tidak bisa bernafas.

Sementara itu, surat kabar Star Tribune di Minneapolis mendapatkan penghargaan Pulitzer untuk katefori breaking news terkait pemberitaan soal kematian Floyd dan kejadian seterusnya.

The New York Times mendapatkan penghargaan untuk kategori pelayanan publik karena liputannya yang menyeluruh mengenai pandemi covid-19.

Laman daring BuzzFeed memenangkan penghargaan Pulitzer pertama mereka untuk kategori berita internasional terkait liputan mereka mengenai penjara di Tiongkok yang digunakan untuk menahan warga Muslim. (AFP/OL-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat