visitaaponce.com

ISIS Bunuh Tiga Anggota Kelompok Pro-Iran di Irak

ISIS Bunuh Tiga Anggota Kelompok Pro-Iran di Irak
Drama sejarah Muslim Syiah memainkan pertempuran Karbala abad ke-7 bertepatan dengan 10 Muharram di Irak, Kamis (19/8).(AFP/Hussein Faleh.)

TIGA pejuang dari milisi pro-Iran tewas di Irak, Jumat (20/8), ketika kelompok ISIS menyerang pangkalan mereka di dekat Baghdad, kata seorang paramiliter dan sumber keamanan. Orang-orang itu ialah anggota Gerakan Noujaba, bagian dari koalisi Hashed al-Shaabi, milisi Syiah yang sebagian besar mendukung Iran.

Kedua sumber mengatakan mereka tewas dalam serangan oleh ISIS di pangkalan mereka di Tarmiya, utara Baghdad. Tujuh pejuang lain terluka.

Dibentuk pada 2014 untuk mendukung tentara Irak dalam perang melawan jihadis ISIS, Hash pada saat itu menguasai sebagian besar negara. Sejak itu mereka diintegrasikan ke dalam angkatan bersenjata.

Baca juga: Kepresidenan Iran Konfirmasi Raisi Diundang ke KTT Baghdad

Dalam beberapa bulan terakhir gerakan anti-Amerika itu telah memuji serangan terhadap kepentingan Amerika di Irak, tanpa mengaku bertanggung jawab. Baik AS dan Israel khawatir beberapa unit Hash berada di bawah perintah Iran daripada rantai komando Irak.

Beberapa sel jihadis ISIS tetap aktif bahkan setelah Irak menyatakan kelompok jihadis itu dikalahkan pada 2017, terutama di wilayah Tarmiya dan gurun Irak utara. Mereka telah menyerang pasukan keamanan Irak serta Hash dan Syiah lain yang merupakan mayoritas Muslim Irak. 

Baca juga: Bom Meledak pada Peringatan Asyura Syiah di Pakistan

Namun ISIS memandang Muslim Syiah sebagai murtad. Bulan lalu, ISIS mengaku bertanggung jawab atas serangan yang menewaskan 30 orang di pasar dalam daerah padat penduduk Kota Sadr, Baghdad. (AFP/OL-14)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat