visitaaponce.com

Gara-Gara Polusi Udara, Sekolah di New Delhi Tutup Selama Sepekan

Gara-Gara Polusi Udara, Sekolah di New Delhi Tutup Selama Sepekan
Kabut asap yang merupakan polusi udara terlihat di New Delhi, India.(AFP/Money SHARMA)

PIHAK berwenang New Delhi, Sabtu (13/11), mengumumkan penutupan sekolah selama satu minggu. Mereka mengatakan pihaknya akan mempertimbangkan penguncian untuk melindungi warga dari kabut asap beracun.

"Sekolah akan ditutup sehingga anak-anak tidak perlu menghirup udara yang tercemar," kata Kepala Menteri Delhi Arvind Kejriwal kepada wartawan.

Delhi menduduki peringkat salah satu kota paling tercemar di dunia, dengan campuran berbahaya dari pabrik dan emisi kendaraan, dan asap dari kebakaran pertanian.

Baca juga: WHO: Satu Juta Anak Afghanistan Berisiko Meninggal Akibat Minim Gizi

Pada Sabtu (13/11), Mahkamah Agung menyarankan untuk memberlakukan penguncian di Delhi untuk memerangi krisis kualitas udara. 

"Bagaimana kita akan hidup sebaliknya?" kata Ketua Mahkamah Agung NV Ramana.

Kejriwal mengatakan pemerintahnya akan mempertimbangkan saran pengadilan setelah berkonsultasi dengan para pemangku kepentingan. 

"Penguncian polusi belum pernah terjadi sebelumnya. Itu akan menjadi langkah ekstrem," katanya.

Kejriwal mengatakan kegiatan konstruksi akan dihentikan selama empat hari untuk mengurangi debu dari lokasi terbuka yang luas. 

Kantor pemerintah diminta untuk beroperasi dari rumah dan bisnis swasta disarankan untuk tetap menggunakan opsi bekerja dari rumah sebanyak mungkin.

Pada Jumat (12/11), Dewan Pengendalian Polusi Pusat menyarankan pihak berwenang untuk mempersiapkan pelaksanaan langkah-langkah di bawah kategori darurat. Ditambahkannya, kualitas udara yang buruk kemungkinan akan berlangsung hingga setidaknya 18 November.

Pada Sabtu (13/11), tingkat partikel PM 2.5 - yang terkecil dan paling berbahaya, yang dapat memasuki aliran darah - mencapai 300 pada indeks kualitas udara. Itu 20 kali lipat dari batas harian maksimum yang direkomendasikan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Dilaporkan Times of India, rumah sakit melaporkan peningkatan tajam pada pasien yang mengeluh kesulitan bernapas. 

"Kami mendapatkan 12-14 pasien setiap hari dalam keadaan darurat, kebanyakan pada malam hari, ketika gejalanya menyebabkan gangguan tidur dan panik," kata Suranjit Chatterjee dari Apollo Hospitals kepada surat kabar tersebut.

Pemerintah Delhi telah berjanji selama bertahun-tahun untuk membersihkan udara di kota tersebut.

Pembakaran limbah pertanian di negara bagian tetangga Delhi - penyumbang utama tingkat polusi kota setiap musim dingin - terus berlanjut meskipun ada larangan dari Mahkamah Agung.

Jumlah kebakaran lahan pertanian musim ini merupakan yang tertinggi dalam empat tahun terakhir, menurut data pemerintah. (AFP/OL-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat