visitaaponce.com

Presiden Nikaragua Dilarang Masuk AS

Presiden Nikaragua Dilarang Masuk AS
Presiden Nikaragua Daniel Ortega melambaikan tangan ke arah para pendukungnya.(AFP/Cesar PEREZ / Nicaraguan Presidency)

AMERIKA Serikat (AS), Selasa (16/11), memberlakukan larangan masuk bagi Presiden Nikaragua Daniel Ortega, istrinya--yang juga wakil presidennya--, dan pejabat pemerintahnnya setelah pemilu yang dinilai penuh kecurangan.

Sebelum pemilu pada 7 November lalu, pemerintah Nikaragua menahan 40 tokoh oposisi, termasuk tujuh kandidat presiden, sehingga Ortega dan istirnya, Rosario Murillo menang mudah dalam pemilu.

"Aksi represif dan penyalahgunaan kekuasaan yang dilakukan pemerintahan Ortega dan pendukungnya memaksa AS bertindak," ujar Presiden AS Joe Biden.

Baca juga: Ini Isi Pembicaraan Joe Biden dan Xi Jinping dalam Pertemuan Virtual

"Aksi otoriter dan tidak diplomatis pemerintahan Ortega telah melumpuhkan proses pemilu dan melanggar hak warga Nikaragua untuk memilih pemimpin mereka secara bebas dan adil," lanjutnya.

Senin (15/11), AS telah menjatuhkan sanksi finansial bagi para pejabat Nikaragua setelah menyebut pemilu di negara itu penuh kecurangan.

Ortega memimpin Nikaragua antara 1979 dan 1990 setelah memimpin perang gerilya untuk menggulingkan diktator yang didukung AS Anastasio Somoza.

Kembali berkuasa pada 2007, Ortega telah memenangkan pemilu sebanyak empat kali berturut-turut setelah menghapus aturan yang membatasi masa jabatan presiden. (AFP/OL-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat