visitaaponce.com

Presiden Iran Berkunjung ke Negara-Negara yang Disanksi AS

Presiden Iran Berkunjung ke Negara-Negara yang Disanksi AS
Presiden Iran Ebrahim Raisi saat tiba di Venezuela(AFP)

PRESIDEN Iran Ebrahim Raisi, Senin (12/6), tiba di Venezuela untuk mengawali lawatan ke negara-negara sahabat, yang juga mencakup Kuba dan Nikaragua, semuanya memiliki kesamaan, disanksi oleh Amerika Serikat (AS).

Raisi disambut di Caracas oleh Menteri Luar Negeri Yvan Gil. Presiden Iran itu juga dijadwalkan bertemu Presiden Nicolas Maduro.

Sebelum bertolak dari Teheran, Raisi mengatakan kunjungan itu merupakan undangan dari presiden-presiden negara sahabat yaitu Venezuela, Nikaragua, dan Kuba. Lawatan itu bertujuan meningkatkan kerja sama ekonomi, politik, dan ilmu pengetahuan.

Baca juga: Dengan Uranium, Iran Paksa Barat Cabut Sanksi

Keempat negara itu merupakan sekutu Rusia, yang diasingkan dunia karena invasi ke Ukraina, tahun lalu.

"Selama dua tahun terakhir, kerja sama kami dengan negara-negara ini terus berkembang terutama di bidang industri, pertanian, ilmu pengetahuan, teknologi, dan kesehatan," ungkap Raisi.

Iran dan Venezuela adalah anggota OPEC yang menjadi pusat diskusi internasional terkait krisis energi yang dipicu oleh invasi Rusia ke Ukraina.

Baca juga: Rudal Balistik Hipersonik 'Fattah' Iran Mampu Hindari Iron Dome Israel

Presiden Iran terakhir yang berkunjung ke Kuba dan Venezuela adalah Hassan Rouhani pada September 2016. Mahmoud Ahmadinejad merupakan presiden Iran terakhir yang melakukan lawatan ke Nikaragua pada 2007. (AFP/Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat