visitaaponce.com

Israel Berencana PerluasPermukiman Warga Yahudidi Dataran Tinggi Golan

Israel Berencana Perluas Permukiman Warga Yahudi di Dataran Tinggi Golan
Foto dari udara permukiman warga Yahudi di Dataran Tinggi Golan yang direbut Israel dari Suriah.(Menahem KAHANA / AFP)

PEMERINTAH Israel mengabaikan seruan dan kecaman internasional terkait pembangunan permukiman warga Yahudi secara ilegal.

Pada Minggu (27/12), pemerintah Istrael menyetujui rencana anggaran sebesar $317 juta untuk meluaskan permukiman Yahudi di Dataran Tinggi Golan, 40 tahun setelah mencaplok wilayah yang direbut dari Suriah.

Kabinet Perdana Menteri Naftali Bennett memberikan suara mendukung rencana yang bertujuan untuk membangun 7.300 rumah di wilayah itu selama periode lima tahun, selama pertemuan yang diadakan di komunitas Mevo Hama di Golan.

Itu menyerukan 1 miliar shekel Israel untuk digunakan untuk perumahan, infrastruktur, dan proyek lainnya dengan tujuan menarik sekitar 23.000 pemukim Yahudi baru ke daerah itu, yang direbut selama Perang Enam Hari 1967.

"Tujuan kami hari ini adalah menggandakan populasi Dataran Tinggi Golan," kata Bennett menjelang pertemuan tersebut.

Dia terpaksa meninggalkan pertemuan setelah putrinya yang berusia 14 tahun dinyatakan positif virus korona. Namun, pemungutan suara pada program itu dilanjutkan setelah penundaan.

Sekitar 25.000 pemukim Israel tinggal di Dataran Tinggi Golan, bersama dengan sekitar 23.000 Druze, yang tetap tinggal di tanah itu setelah Israel merebutnya.

Israel mencaplok wilayah itu pada 14 Desember 1981, dalam sebuah langkah yang tidak diakui oleh sebagian besar masyarakat internasional.

Mantan Presiden AS Donald Trump, yang secara luas dipandang pro-Israel, memberikan pengakuan AS atas kedaulatan Israel atas Golan pada 2019.

"Dataran Tinggi Golan adalah milik Israel. Ini terbukti dengan sendirinya," klaim Bennett.

"Fakta bahwa pemerintahan Trump mengakui ini, dan fakta bahwa pemerintahan (Presiden Joe) Biden telah menjelaskan bahwa tidak ada perubahan dalam kebijakan ini, juga penting," terangnya.

Bennett memimpin koalisi delapan partai yang berbeda secara ideologis yang mengandalkan dukungan dari sayap kiri.

Beberapa di kabinetnya, terutama dari partai Meretz, secara vokal menentang rencana untuk memperluas permukiman di Tepi Barat, wilayah Palestina yang juga diduduki oleh Israel sejak 1967.

Sekitar 475.000 pemukim sekarang tinggal di Tepi Barat dalam komunitas yang secara luas dianggap ilegal menurut hukum internasional.

Bennett adalah mantan kepala dewan lobi pemukim yang menentang negara Palestina.

Namun dia berpendapat bahwa persatuan dalam rencana Golan menunjukkan bahwa kendali Israel atas wilayah itu adalah masalah "konsensus nasional."

"Dataran Tinggi Golan, kebutuhan untuk memperkuat, mengolah dan hidup di dalamnya, tentu menjadi prinsip yang menyatukan semua orang di sini," katanya.

Israel dan Suriah, yang secara teknis masih berperang, dipisahkan oleh perbatasan de facto di Dataran Tinggi Golan. (AFP/Nur/OL-09)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat