visitaaponce.com

Sepekan Invasi Rusia, 1 Juta Warga Ukraina Sudah Mengungsi

Sepekan Invasi Rusia, 1 Juta Warga Ukraina Sudah Mengungsi
Sejumlah warga yang berasal dari Ukraina tiba di stasiun kereta wilayah Berlin, Jerman.(AFP)

UNHCR mencatat satu juta orang sudah meninggalkan Ukraina dalam sepekan sejak Rusia melakukan invasi. Informasi tersebu diungkapkan Kepala Komisioner UNHCR Filippo Grandi melalui akun Twitter-nya.

"Hanya dalam tujuh hari, kami sudah menyaksikan eksodus satu juta pengungsi dari Ukraina ke negara-negara tetangga," bunyi cuitan Grandi.

"Bagi jutaan orang lainnya di Ukraina, sudah waktunya tidak ada suara senjata. Bantuan kemanusiaan perlu diberikan," imbuhnya.

Baca juga: Majelis Umum PBB Tuntut Rusia Mundur dari Ukraina

Sebelumnya, area permukiman di Kharkiv, Ukraina, dibombardir pasukan militer Rusia secara terus menerus. Banyak bangunan yang terdampak serangan misil yang dilancarkan Rusia ke kota tersebut.

"Kami terus-menerus dibombardir dengan sedikit jeda. Mereka mengebom rumah warga secara acak untuk menimbulkan ketakutan," tutur Volodymyr Yuriyovych Yurchenko, salah satu warga setempat.

Yurchenko merupakan mahasiswa di Institut Politeknik Kharkiv yang juga tinggal di kota tersebut. Lebih lanjut, dia mengungkapkan banyak warga Ukraina di Kharkiv yang mengungsi ke tempat penampungan.

Baca juga: Patung Vladimir Putin Dipindahkan ke Gudang

Seluruh sistem kereta bawah tanah di kota tersebut juga beralih fungsi sebagai tempat perlindungan. Lalu, stasiun kereta api pun dipenuhi penumpang.

Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida menyatakan bahwa pihaknya siap untuk menampung pengungsi dari Ukraina. "Sebagai solidaritas terhadap rakyat Ukraina, kami mau menerima mereka yang mencari perlindungan," pungkas Kishida.

Adapun pemerintah Jepang memprioritaskan warga Ukraina yang memiliki kerabat atau teman di Negeri Sakura. "Kami akan memperkuat koordinasi dengan negara-negara G7 dan juga masyarakat internasional," imbuhnya.(Ant/OL-11)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat