visitaaponce.com

Korsel Lepaskan Tembakan Peringatan ke Kapal Patroli Korea Utara

Korsel Lepaskan Tembakan Peringatan ke Kapal Patroli Korea Utara
Ilustrasi(businessinsider.com)

Korea Selatan menangkap sebuah kapal Korea Utara yang tidak bersenjata dan tujuh awak serta melepaskan tembakan peringatan ke sebuah kapal patroli yang mencoba melakukan intervensi.

Dikatakan seorang pejabat Kementerian Pertahanan, kapal patroli Korea Utara melintasi perbatasan laut de facto di lepas pantai barat semenanjung tersebut pada Selasa pagi sambil mengejar sebuah kapal yang menuju selatan.

Angkatan Laut Korea Selatan, tambah pejabat itu, melepaskan tembakan peringatan ke kapal patroli Korea Utara, yang berbalik dan kembali ke Utara.

Tujuh awak kapal yang disita, kata pejabat kementerian pertahanan, sedang diinterogasi oleh pihak berwenang.

Yonhap melaporkan bahwa anggota kru mengatakan kepada pihak berwenang bahwa mereka telah melintasi perbatasan laut karena adanya kesalahan navigasi dan sangat menuntut kembali ke Utara.

Pejabat pertahanan menolak untuk mengonfirmasi rincian tersebut, dengan menyebut bahwa penyelidikan sedang berlangsung.

Insiden itu terjadi saat warga Korea Selatan memberikan suara pada Rabu dalam pemilihan presiden, saat ketegangan meningkat di kawasan itu dengan Korea Utara.

Sebuah kapal patroli yang melintasi perbatasan laut de facto, kata Leif-Eric Easley, seorang profesor di Universitas Ewha di Seoul, pasti akan mengambil dimensi politik karena itu terjadi pada malam pemilihan Presiden Korea Selatan.

Korea Utara, katanya, biasanya menuntut pemulangan segera warganya tetapi ini bisa diperumit oleh pandemi. "Korea Utara secara ketat mengisolasi infrastruktur perawatan kesehatannya yang buruk dan populasi yang tidak divaksinasi dari pandemi global. Orang-orang yang pernah berada di Korea Selatan ketika negara itu melaporkan rekor jumlah covid-19 yang baru mungkin tidak diterima," katanya.

Korea Selatan berada dalam cengkeraman gelombang omikron, dengan lebih dari 200.000 kasus baru dicatat hampir setiap hari di bulan ini.

Lebih dari satu juta orang saat ini mengisolasi diri di rumah setelah dinyatakan positif, menurut otoritas kesehatan. Negara itu mengubah undang-undang pemilunya bulan lalu untuk memastikan mereka dapat memilih.

Laut Barat di lepas semenanjung Korea telah menjadi tempat bentrokan militer antara kedua negara tersebut di sepanjang apa yang disebut perbatasan Garis Batas Utara, yang tidak diakui Pyongyang.

Salah satu insiden paling mematikan melibatkan serangan torpedo Korea Utara terhadap kapal perang Korea Selatan pada 2010, yang menewaskan 46 pelaut. Pyongyang membantah bertanggung jawab atas serangan itu. (AFP/OL-12)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Retno Hemawati

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat