visitaaponce.com

Kebakaran Kembali Terjadi di Zona Eksklusi Chernobyl, Ukraina

Kebakaran Kembali Terjadi di Zona Eksklusi Chernobyl, Ukraina
Foto dari udara yang diambil satelit Maxar pada 10 Maret 2022 situasi PLTN Chernobyl di Pripyat, Ukraine.(Satellite image ©2022 Maxar Technologies / AFP)

KEBAKARAN baru telah terjadi di zona eksklusi di sekitar pembangkit listrik tenaga nuklir Chernobyl yang sudah tidak berfungsi, yang diduduki oleh pasukan Rusia, menurut pihak berwenang Ukraina.

"Kebakaran signifikan telah dimulai di zona eksklusi, yang bisa memiliki konsekuensi yang sangat serius," kata Wakil Perdana Menteri Ukraina Iryna Vereshchuk di Telegram, pada Minggu (27/3) malam.

"Namun, hari ini tidak mungkin untuk mengendalikan dan memadamkan api sepenuhnya karena penguasaan zona eksklusi oleh pasukan pendudukan Rusia," ucapnya.

Badan Energi Atom Internasional (IAEA) mengatakan pada Minggu (27/3) bahwa situasi tetap tidak berubah sehubungan dengan pengamanan di Chernobyl dan pembangkit nuklir lainnya di Ukraina.

Badan pengawas nuklir PBB pekan lalu mengatakan kebakaran hutan di sekitar Chernobyl tidak menimbulkan risiko radiologis yang besar.

Baca juga: Zelensky Klaim Pengusaha Rusia Tawarkan Dukungan ke Ukraina

Sejak 9 Maret 2022, IAEA belum menerima data langsung dari Chernobyl. Dikatakan pada Minggu bahwa pihaknya prihatin dengan kurangnya pergantian staf di PLTN tersebut sejak 20 Maret.

Pasukan Rusia merebut PLTN itu pada 24 Februari 2022, hari pertama invasi.

Reaktor nomor empat Chernobyl meledak pada 26 April 1986, menyebabkan kecelakaan nuklir terburuk di dunia yang menewaskan ratusan orang dan menyebarkan kontaminasi radioaktif ke barat di seluruh Eropa. (AFP/Nur/OL-09)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat