visitaaponce.com

Shanghai Ambil Langkah Pencabutan Penguncian Akibat Covid-19

Shanghai Ambil Langkah Pencabutan Penguncian Akibat Covid-19
Petugas dengan menggunakan alat pelindung diri bersiaga di gerbang masuk permukiman di Distrik Jing'an, Shanghai, Tiongkok, Selasa (12/4).(AFP)

SHANGHAI, pada Minggu, mengumumkan langkah-langkah lebih lanjut menuju kembali ke kehidupan yang lebih normal dan mencabut penguncian covid-19 selama dua bulan pekan ini.

Pusat komersial Tiongkok yang berpenduduk 25 juta orang itu pada dasarnya bertujuan untuk mengakhiri penguncian yang telah merusak ekonomi dan membuat banyak penduduk Shanghai kehilangan pendapatan.

Baca juga: Ridwan Kamil Pantau Langsung Pencarian Anak Sulungnya

Dikatakan juru bicara pemerintah kota Yin Xin, Shanghai, kota terpadat di Tiongkok, akan memudahkan persyaratan pengujian mulai Rabu bagi orang-orang yang ingin memasuki area publik.

"Situasi epidemi saat ini di kota terus stabil dan membaik," kata Yin, seraya menambahkan strategi Shanghai sekarang berputar ke arah pencegahan dan pengendalian yang dinormalisasi. Orang yang memasuki tempat umum atau naik angkutan umum harus menunjukkan tes PCR negatif yang diambil dalam waktu 72 jam, dibandingkan sebelumnya yakni 48 jam.

Menurut para pejabat, layanan bus di dalam Pudong New Area, rumah bagi bandara terbesar Shanghai dan distrik keuangan utama, akan dilanjutkan sepenuhnya pada Senin.

Plaza 66, mal kelas atas di pusat Shanghai yang menampung Louis Vuitton dan merek mewah lainnya, dibuka kembali pada Minggu.

Pihak berwenang perlahan-lahan melonggarkan pembatasan, dengan fokus pada melanjutkan manufaktur.

Lebih banyak orang telah diizinkan meninggalkan flat mereka. Dan, lebih banyak bisnis diizinkan untuk dibuka kembali, meskipun banyak penduduk tetap terkurung di kompleks perumahan mereka dan sebagian besar toko terbatas pada pengiriman.

Pihak berwenang menyetujui 240 lembaga keuangan di kota itu untuk dibuka kembali mulai Rabu, lapor Shanghai Securities News yang dikelola pemerintah pada Minggu, menambah daftar 864 perusahaan yang dirilis awal bulan ini. Itu di luar sekitar 1.700 perusahaan keuangan Shanghai.

Pada Sabtu, surat kabar itu mengatakan bahwa lebih dari 10.000 bankir dan trader yang telah tinggal dan bekerja di kantor mereka sejak dimulainya penguncian secara bertahap kembali ke rumah.

Shanghai telah mengizinkan produsen utama di industri otomotif, bahan kimia dan semikonduktor untuk melanjutkan produksi sejak akhir April.

Shanghai melaporkan lebih dari 100 kasus covid-19 pada Minggu, sementara Beijing mencatat 21 kasus. Keduanya mencerminkan adanya tren penurunan secara nasional. (Straits Times/OL-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Astri Novaria

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat