visitaaponce.com

Warisan nan Kaya Terkubur di Jalur Gaza yang Miskin

SAAT para pekerja beraktivitas di suatu lokasi konstruksi besar di Jalur Gaza, seorang penjaga keamanan melihat sepotong batu aneh mencuat dari bumi. Apakah itu?

"Saya pikir itu terowongan," kata Ahmad, penjaga muda itu. Ia merujuk pada jalan-jalan rahasia yang digali oleh kelompok Islam Hamas untuk memerangi Israel.

Di Jalur Gaza, yang diperintah oleh Hamas dan berulang kali dilanda perang, orang lebih akrab dengan mengubur orang mati daripada menggali warisan mereka. Namun yang ditemukan Ahmad pada Januari lalu merupakan bagian dari permakaman Romawi yang berasal dari sekitar 2.000 tahun yang lalu. Ini menunjukkan representasi harta arkeologi yang kaya di wilayah Palestina yang miskin.

Setelah perang terakhir antara Israel dan Hamas pada Mei 2021 meninggalkan jejak kerusakan di Gaza, Mesir memulai inisiatif rekonstruksi senilai US$500 juta. Sebagai bagian dari proyek di Jabaliya, di utara daerah kantong pantai, buldoser sedang menggali tanah berpasir untuk membangun gedung beton baru ketika Ahmad melakukan penemuannya.

Baca juga: Israel Bangun Tembok Tinggi Pemisah dengan Desa Palestina

"Saya memberi tahu mandor Mesir yang segera menghubungi pihak berwenang setempat dan meminta para pekerja untuk berhenti," kata Ahmad, seorang warga Palestina yang tidak mau menyebutkan nama lengkapnya. Dengan desas-desus di media sosial tentang penemuan besar, layanan barang antik Gaza memanggil kelompok nonpemerintah Prancis Premiere Urgence Internationale dan Sekolah Alkitab dan Arkeologi Prancis Jerusalem untuk mengevaluasi pentingnya situs tersebut dan menandai area tersebut.

"Penggalian pertama memungkinkan identifikasi sekitar 40 makam yang berasal dari periode Romawi kuno antara abad pertama dan kedua Masehi," kata arkeolog Prancis Rene Elter, yang memimpin tim yang dikirim ke Jabaliya. "Nekropolis lebih besar dari 40 makam ini dan seharusnya antara 80 dan 100," katanya. Salah satu situs permakaman, tambah arkeolog itu, yang ditemukan sejauh ini dihiasi dengan lukisan multiwarna yang mewakili mahkota dan karangan bunga dari daun salam serta guci untuk minuman permakaman.

Harta karun Gaza 

Arkeologi ialah subjek yang sangat politis di Israel dan wilayah Palestina. Setiap penemuannya digunakan untuk membenarkan klaim teritorial setiap orang.

Sementara negara Yahudi memiliki sejumlah arkeolog yang melaporkan jumlah harta karun kuno yang mengesankan, sektor ini sebagian besar diabaikan di Gaza. Pihak berwenang secara berkala mengumumkan penemuan di wilayah tersebut, tetapi pariwisata di situs arkeologi terbatas.

Israel dan Mesir, yang berbatasan dengan Gaza, secara ketat membatasi aliran orang masuk dan keluar dari kantong yang dikelola oleh Hamas sejak 2007. "Namun, tidak ada perbedaan antara yang dapat Anda temukan di Gaza dan di sisi lain penghalang," di Israel, kata Elter. "Ini sejarah besar yang sama."

"Di Gaza, banyak situs telah hilang karena konflik dan konstruksi, tetapi wilayah itu merupakan situs arkeologi besar yang membutuhkan banyak tim ahli," tambahnya. Pasak dan pagar telah didirikan di sekitar permakaman Romawi yang diawasi terus-menerus oleh penjaga saat gedung-gedung baru berdiri di dekatnya.

Baca juga: Ada Tanda-Tanda Kesepakatan Normalisasi Hubungan Israel-Saudi?

"Kami mencoba memerangi perdagangan barang antik," kata Jamal Abu Rida, direktur layanan arkeologi lokal yang bertugas melindungi pekuburan dan berharap dapat menemukan investor untuk penggalian lebih lanjut. "Citra Gaza sering dikaitkan dengan kekerasan, tetapi sejarahnya penuh dengan harta arkeologi yang perlu dilindungi untuk generasi mendatang," kata Jihad Abu Hassan, direktur misi Urgensi Premier lokal.

Demografi pun menambah tekanan. Gaza ialah sebidang tanah kecil yang penuh sesak dengan populasinya dalam 15 tahun telah menggelembung dari 1,4 juta menjadi 2,3 juta. Akibatnya, pembangunan gedung dipercepat.

"Beberapa orang menghindari memberi tahu pihak berwenang jika ada penemuan arkeologi di lokasi konstruksi karena takut tidak diberi kompensasi," atas penghentian pekerjaan yang diakibatkannya, kata Abu Hassan. "Kami kehilangan situs arkeologi setiap hari." Ini menunjukkan perlunya strategi untuk mempertahankan warisan daerah kantong itu, termasuk melatih para arkeolog lokal.

Selama beberapa tahun terakhir, organisasinya membantu mendidik 84 teknisi arkeologi. Melakukan hal itu juga menawarkan prospek pekerjaan di wilayah miskin dengan pengangguran kaum muda melebihi 60%.

Tarik pengunjung 

Salah satu keberhasilan langka ialah pelestarian biara Bizantium Saint Hilarion. Dibuka beberapa tahun yang lalu untuk umum dan mencakup atrium, pemandian, dan beberapa gereja, berdiri sebagai bukti era ketika Gaza menjadi persimpangan jalan bagi para peziarah Mediterania. 

"Kami menerima sekitar 14.000 pengunjung per tahun, termasuk siswa sekolah," kata Fadel al-Otol, 41, seorang arkeolog Palestina yang kecintaannya pada reruntuhan kuno diformalkan dengan pelatihan di Prancis.

Baca juga: Lima Catatan Pengadilan Kriminal Internasional yang Berulang Tahun Ke-20

Sebagai seorang anak selama intifida Palestina pertama, Otol, mengatakan dia berburu batu untuk dilemparkan ke tentara Israel. "Hari ini saya mencari batu untuk membuktikan kepada militer bahwa kita memiliki sejarah yang hebat," katanya.

Berkeliaran di sekitar situs Saint Hilarion, Otol merenungkan mimpinya. "Kita menggali semua situs arkeologi Gaza dan bahwa mereka dapat diakses oleh publik untuk menunjukkan sejarah dan budaya kita ke seluruh dunia." Jika tidak dilakukan, katanya, "Situs itu akan hilang selamanya." (AFP/OL-14)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat