visitaaponce.com

Lukashenko Klaim Ukraina Tembakkan Rudal ke Belarus

Lukashenko Klaim Ukraina Tembakkan Rudal ke Belarus
Presiden Belarus Alexander Lukashenko(AFP/Mikhail KLIMENTYEV / Sputnik)

PRESIDEN Belarus Alexander Lukashenko, Sabtu (2/7), mengatakan militernya telah menembak jatuh rudal yang ditembakkan ke wilayah mereka dari Ukraina dan berjanji akan melancarkan balasan atas segala serangan terhadap negaranya.

"Kami diprovokasi!" seru Lukashenko kepada kantor berita Belarus Belta. "Saya mengungkapkan kepada Anda bahwa tiga hari lalu, Ukraina berusaha menyerang target militer di Belarus."

"Puji Tuhan, sistem pertahanan udara Pantsir kami berhasil menangkal semua rudal yang ditembakkan oleh Ukraina," lanjutnya.

Baca juga: Rusia Serang Apartemen di Ukraina, 17 Tewas

Ukraina, pekan lalu, mengklaim rudal yang ditembakkan dari Belarus menghantam wilayah mereka.

Lukashenko, Sabtu (2/7), membantah negaranya berusaha ikut campur dalam konflik antara Rusia dan Ukraina namun melontarkan peringatakan kepada Kiev dan negara-negara Barat.

"Seperi yang saya katakan setahun lalu, kami tidak berencana ambil bagian dalam perang di Ukraina," kata Lukashenko.

"Kami hanya akan bertempur jika...Anda memasuki wilayah kami dan Anda membunuh warga kami," lanjutnya sembari menambahkan bahwa Belarus akan langsung melancarkan serangan balasan jika diserang.

Belarus mendukung invasi Rusia ke Ukraina dengan menjadi basis bagi militer Rusia yang melancarkan serangan dari garis belakang Ukraina.

Lukashenko sangat bergantung pad adukungan Rusia untuk mengamankan posisinya sebagai presiden setelah demonstrasi massal memprotes kemenangannya dalam pemilu 2020. (AFP/OL-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat