visitaaponce.com

Perkuat Pengaruh di Pasifik, AS Gelontorkan US600 Juta

Perkuat Pengaruh di Pasifik, AS Gelontorkan US$600 Juta
Wakil Presiden AS Kamala Harris bicara melalui video dalam pertemuan puncak Forum Kepulauan Pasific di Suva, Rabu (13/7).(AFP/William WEST )

AMERIKA Serikat (AS) melawan dominasi Tiongkok di kawasan Pasifik. Demi tujuan itu Washington merogoh kocek hingga US$600 juta yang diumumkan Wakil Presiden Kamala Harris.

Harris mengumumkan pendanaan itu pada pertemuan puncak Forum Kepulauan Pasifik di Karibia. Washington juga akan membuka dua kedutaan baru, di Tonga dan Kiribati.

AS juga akan meluncurkan strategi nasional perdana untuk kawasan itu. Langkah itu diambil Washington karena tidak ingin melihat Tiongkok menguasai Pasifik.

Ini menandai pertama kalinya para pemimpin Pasifik dengan AS bertemu bersama sejak Kepulauan Solomon menandatangani pakta keamanan kontroversial dengan Tiongkok awal tahun ini.

Harris menyampaikan terima kasih kepada Presiden Fiji Voreqe Bainimarama karena diundang untuk berbicara di KTT tersebut. Harris mengatakan dia dan Presiden AS Joe Biden mengakui pihaknya tidak terlalu memperhatikan Pasifik sebelumnya.


Baca juga: DPR AS: Cicitan Trump Picu Aksi Penyerangan ke Gedung Capitol


"Kami akan mengubah itu. AS ingin secara signifikan memperdalam kehadiran kami di kawasan Pasifik," paparnya.

Ia mengatakan bantuan sebanyak US$600 juta akan disalurkan ke Forum Fisheries Agency. Dia mengatakan AS juga akan meluncurkan kembali Peace Corps di Pasifik.

Menurut Harris AS ingin berkolaborasi dalam keamanan maritim, penanggulangan bencana dan proyek infrastruktur yang tidak menghasilkan utang yang tidak memberatkan.

"Kami sangat senang bahwa AS akan membuka kedutaan besar di Tonga, ini akan menjadi yang pertama kalinya. Ini adalah tonggak sejarah besar. Kami sangat senang kami akhirnya memiliki kehadiran AS di Tonga," kata Perdana Menteri Tonga Siaosi Sovaleni. (AFP/OL-16)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat