visitaaponce.com

Junta Myanmar Hukuman Mati untuk Keadilan Rakyat

Junta Myanmar: Hukuman Mati untuk Keadilan Rakyat
Demonstran melakukan aksi protes untuk membebaskan pemimpin sipil Myanmar Aung San Suu Kyi.(AFP)

JUNTA militer Myanmar membela keputusan eksekusi mati empat aktivis demokrasi, yang dinilai berlandaskan pada keadilan bagi rakyat. Sikap itu menanggapi gelombang kecaman internasional yang menyatakan hukuman mati sebagai pembunuhan.

"Ini keadilan bagi rakyat. Para kriminal ini telah diberi kesempatan untuk membela diri mereka," jelas Juru Bicara Junta Myanmar Mayor Jenderal Zaw Min Tun dalam sebuah pernyataan, Rabu (27/7).

Pihaknya sudah menduga bahwa eksekusi mati terhadap empat aktivis tersebut akan memicu kritik. Dua dari empat orang yang dieksekusi adalah Kyaw Min Yu, atau lebih dikenal dengan sebutan Ko Jimmy.

Baca juga: Tidak Mempan Dikritik, Junta Myanmar Eksekusi Empat Orang

Serta, mantan anggota parlemen Phyo Zeya Thaw, yang juga merupakan sekutu dari pemimpin de facto Myanmar yang sudah digulingkan, Aung San Suu Kyi. Dua aktivis demokrasi lain yang telah dieksekusi, yakni Hla Myo Aung dan Aung Thura Zaw. 

Keempat aktivis dijatuhi vonis mati dalam pengadilan rahasia pada Januari dan April lalu. Tepatnya, setelah dituding terlibat dalam upaya perlawanan terhadap junta militer. Media Myanmar melaporkan bahwa eksekusi terhadap keempat aktivis sudah dilakukan. 

Baca juga: Amnesty Internasional: Junta Myanmar Lakukan Kejahatan Perang

Namun, laporan media tidak menyebutkan waktu eksekusi. Termasuk, metode yang digunakan, yang biasanya dilakukan dengan menggantung terpidana. Sebelumnya, Utusan Khusus PBB untuk Myanmar Noeleen Heyzer mengecam eksekusi tersebut.

Tindakan junta Myanmar dinilai sebagai kejahatan terhadap kemanusiaan. Sebelumnya, ASEAN telah menyepakati lima poin konsensus terkait isu Myanmar pada 2021. Namun, implementasinya belum terwujud hingga saat ini.(Aljazeera/OL-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat