visitaaponce.com

PBB Kucurkan Bantuan US160 Juta untuk Korban BanjirPakistan

PBB Kucurkan Bantuan US$160 Juta untuk Korban Banjir Pakistan
Warga yang terdampak banjir di wilayah Sindh, Pakistan, menuju ke daerah yang lebih aman.(AFP)

PERSERIKATAN Bangsa-Bangsa (PBB) mengumumkan kucuran bantuan sebesar US$160 juta atau Rp2,38 triliun untuk penanggulangan dampak banjir di wilayah Pakistan. 

Bencana alam yang disebabkan fenomena Angin Monsun itu membuat sepertiga wilayah Pakistan tergenang. Setidaknya, lebih dari 1.000 warga Pakistan meninggal akibat bencana tersebut.

Baca juga: Pemerintah Pakistan Minta Bantuan Internasional Atasi Darurat Banjir

"Bersama dengan pemerintah Pakistan, PBB merencanakan bantuan darurat sebesar US$160 juta untuk memenuhi kebutuhan kelompok paling rentan," kata Juru Bicara Sekretaris Jenderal PBB Stephane Dujarric.

Adapun bantuan tersebut akan diluncurkan pada Selasa (30/8) waktu setempat di Jenewa dan Islamabad. PBB telah memobilisasi sekitar US$7 juta atau Rp104,18 miliar untuk kebutuhan mendesak rakyat Pakistan.

Baca juga: KBRI: Tidak Ada WNI Korban Bencana Banjir Bandang di Pakistan

Bantuan yang sudah disalurkan mencakup makanan dan nutrisi, pasokan dan layanan medis, air bersih, dukungan kesehatan ibu, vaksinasi ternak, hingga tempat penampungan.

Selain itu, Dana Tanggap Darurat Pusat PBB telah mengalokasikan bantuan sebesar US$3 juta atau Rp44,69 miliar untuk menyediakan layanan kesehatan. "Juga nutrisi, makanan, air, sanitasi dan kebersihan bagi mereka yang paling membutuhkan," imbuhnya.(AFP/OL-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat