visitaaponce.com

Raja Charles III Sampaikan Pidato Pertama di Parlemen Inggris

Raja Charles III Sampaikan Pidato Pertama di Parlemen Inggris
Raja Charles III(Alain JOCARD / AFP)

RAJA baru Inggris Charles III bertemu dengan anggota parlemen di London Senin, dimana ia menerima belasungkawa parlemen dan menyampaikan pidato singkat, sebelum terbang ke Edinburgh untuk memimpin prosesi saat peti mati ibunya dibawa ke Katedral St. Giles di Edinburgh. Ikuti blog langsung kami saat acara hari itu berlangsung.

“(Ratu Elizabeth II) memberikan contoh tugas tanpa pamrih, yang dengan bantuan Tuhan, dan nasihat Anda, saya bertekad untuk mengikutinya dengan setia," kata Raja Inggris Charles III pada Senin saat menerima belasungkawa resmi dari dua majelis parlemen.

Raja baru itu juga menyebut parlemen sebagai "instrumen hidup dan bernafas dari demokrasi kita," berbicara kepada anggota parlemen dan rekan-rekan di Westminster Hall yang katanya menawarkan koneksi kepada ibunya, Ratu Elizabeth.

"Parlemen adalah instrumen hidup dan bernafas dari demokrasi kita," kata Raja Charles di depan anggota parlemen dan rekan-rekannya berdiri untuk menyanyikan lagu kebangsaan.

"Saat saya berdiri di hadapan Anda hari ini, saya tidak bisa tidak merasakan beratnya sejarah yang mengelilingi kita dan yang mengingatkan kita pada tradisi parlementer yang vital, di mana anggota kedua Dewan, mendedikasikan diri Anda dengan komitmen pribadi untuk kemajuan kita semua,"

Charles selanjutnya akan melakukan perjalanan ke Skotlandia, dimana ia akan bergabung dengan prosesi untuk menemani peti mati ratu di sepanjang Royal Mile Edinburgh ke Katedral St Giles, sebelum kebaktian dan berjaga-jaga pada Senin malam.

Pangeran Harry dari Inggris memberikan penghormatan yang sangat pribadi pada hari Senin kepada neneknya, mendiang Ratu Elizabeth, mengatakan bagaimana dia menghargai waktu yang dia habiskan bersama pria berusia 96 tahun yang meninggal minggu lalu dan bagaimana dia akan menghormati ayahnya sebagai raja baru.

Baca juga: Xi Ucapkan Selamat dan Ingatkan Raja Charles III Soal Hubungan Tiongkok-Inggris

Dalam sebuah pernyataan, Harry, yang mengundurkan diri dari tugas kerajaan bersama istrinya Meghan pada tahun 2020, memuji layanan Ratu sebagai kepala negara dan raja, dan juga berbicara secara emosional tentang perannya sebagai seorang nenek.

"Nenek, sementara perpisahan terakhir ini membawa kita kesedihan yang luar biasa, aku selamanya berterima kasih atas semua pertemuan pertama kita - dari kenangan masa kecilku yang paling awal denganmu, untuk bertemu denganmu untuk pertama kalinya sebagai Panglima Tertinggiku, hingga saat pertama. Anda bertemu istri tercinta dan memeluk cicit tercinta," katanya.

Setelah dia dan Meghan meninggalkan peran resmi kerajaan mereka, mereka menjadi terasing dari keluarga, termasuk ayahnya, yang sekarang menjadi raja, dan menyampaikan kritik pedas terhadap Istana Buckingham dan bagaimana mereka diperlakukan.

"Mengenai pertemuan pertama, kami sekarang menghormati ayah saya dalam peran barunya sebagai Raja Charles III," katanya. (AFP/OL-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Akhmad Mustain

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat