visitaaponce.com

Peti Jenazah Ratu Elizabeth II Dibawa keEdinburghMelalui Jalan Darat

PETI jenazah Ratu Elizabeth II akan dibawa dengan kendaraan melintas sejumlah kawasan di Skotlandia menuju Istana Holyroodhouse. Pada Senin (12/9), akan dibawa ke Katedral St Giles. Selasa (13/9), akan diterbangkan ke London.

Rombongan akan berangkat pukul 10:00 kemudian melewati Aberdeenshire, Aberdeen, Angus, dan Tayside sebelum mencapai Edinburgh.

Jenazah Ratu kemudian akan disemayamkan di Istana Holyroodhouse semalaman.

Baca juga : Raja Charles Pimpin Prosesi Penghormatan Ratu Elizabeth II di Wales

Pada hari Senin (12/9), akan ada prosesi dari istana ke Katedral St Giles di mana peti mati akan diistirahatkan selama 24 jam untuk memungkinkan orang memberikan penghormatan.

Keesokan harinya peti mati Ratu akan diangkut melalui jalan darat dari katedral ke Bandara Edinburgh dan kemudian diterbangkan ke RAF Northolt sebelum melanjutkan ke Istana Buckingham.

Transport Scotland mengatakan pihaknya memperkirakan puluhan ribu orang akan memenuhi rute sepanjang 175 mil pada hari Minggu (11/9).

Baca juga : Charles III Datangi Prancis, Kunjungan Kenegaraan Pertama Sebagai Raja

Para pejabat telah memperingatkan acara tersebut akan menjadi skala yang belum pernah terjadi sebelumnya dan mendesak penonton untuk memilih tempat yang aman.

Akan ada lokasi menonton yang ditunjuk di sepanjang rute di Ballater, Aberdeen, Dundee dan Edinburgh.

Menteri Pertama Nicola Sturgeon mengatakan ini akan menjadi kesempatan bagi orang-orang untuk berkumpul bersama di depan umum dan mulai menandai kerugian bersama negara kita.

Baca juga : Penobatan Pertama Raja Inggris dalam 70 Tahun Terakhir

"Kematian yang Mulia di Kastil Balmoral berarti Skotlandia telah kehilangan salah satu pelayannya yang paling berdedikasi dan tercinta," katanya.

"Kesedihan yang telah kita lihat di seluruh dunia sangat mendalam dan sangat menyentuh. Akan sangat pedih melihat peti mati Yang Mulia memulai perjalanannya dari rumahnya di Aberdeenshire ke Istana Holyroodhouse di Edinburgh," ucapnya.

"Kami mengantisipasi banyak, banyak orang akan tertarik untuk memberikan penghormatan dan kami meminta mereka untuk mematuhi pesan keselamatan publik untuk memastikan keselamatan semua orang," lanjutnya.

Baca juga : Jadwal Upacara Penobatan Raja Charles III Sabtu, 6 Mei 2023

Laybys dan akses jalan di sepanjang rute akan ditutup sementara. Mereka yang ingin meninggalkan bunga telah diminta untuk melakukannya di area yang ditentukan di sepanjang rute dan pelayat telah diminta untuk tidak melempar bunga ke konvoi yang lewat.

Manajer operator Transport Scotland, Stein Connelly mengatakan pertemuan COP26 baru-baru ini di Glasgow tidak dapat menandingi jumlah persiapan dan perencanaan yang telah dilakukan untuk operasi ini.

"Setiap upaya akan dilakukan untuk meminimalkan gangguan terhadap masyarakat yang bepergian, tetapi penundaan yang signifikan diperkirakan akan terjadi. Akan ada gelombang besar orang ke Edinburgh, Dundee, Perth yang ingin berdiri untuk melihat iring-iringan itu lewat," sebutnya.

Baca juga : Australia akan Depak Raja Inggris dari Mata Uang

"Periksa rute dan jika Anda ingin melakukan perjalanan ke lokasi yang sesuai untuk menunjukkan rasa hormat Anda, maka rencanakan terlebih dahulu, pastikan Anda memberikan banyak waktu untuk perjalanan Anda dan pastikan aman ke mana Anda pergi," ujarnya.

Menteri Pertama dan pemimpin partai oposisi akan berkumpul di parlemen Skotlandia untuk mengamati peti mati.

Raja Charles diperkirakan akan melakukan perjalanan ke Edinburgh pada hari Senin. Prosesi peti mati Ratu dari Istana Holyroodhouse ke Katedral St Giles diperkirakan akan melibatkan anggota keluarga kerajaan. Akan ada kebaktian di katedral dan kemudian anggota masyarakat akan dapat melewati peti mati selama 24 jam. (BBC/Fer/OL-09)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat