visitaaponce.com

Uji Coba Rudal Korut Resahkan Korsel Bikin Situasi Memanas

Uji Coba Rudal Korut Resahkan Korsel Bikin Situasi Memanas
Ilustrasi(dok.AFP)

PEMERINTAH Korea Utara (Korut) melakukan uji coba menembakkan rudal balistik jarak pendek pada Jumat (14/10). Pyongyang -ibu kota Korut- juga menerbangkan hampir selusin jet tempur di dekat perbatasan dengan Korea Selatan (Korsel).

Provokasi militer Korut menambah kelam ketegangan di semenanjung Korea. Pemimpin Korut, Kim Jong-un telah mengawasi serangkaian peluncuran rudal balistik dalam beberapa pekan terakhir.

Pyongyang menggambarkan aktivitas militernya sebagai latihan nuklir taktis yang mensimulasikan penghancuran bandara dan fasilitas militer di seluruh Korsel. Korut mengatakan tindakan terbarunya ini dilakukan sebagai tanggapan atas latihan artileri Korsel yang provokatif di dekat perbatasan.

"Tentara Rakyat Korea mengambil tindakan militer yang kuat," kata pernyataan Korut dilaporkan Kantor Berita Pusat Korea, KPA.

Pyongyang mengirim peringatan keras kepada militer Korsel yang menghasut ketegangan militer di daerah garis depan dengan tindakan sembrono. Kepala Staf Gabungan Korea Selatan (JCS) mengatakan pihaknya mendeteksi peluncuran rudal dari daerah Sunan di Pyongyang pada pukul 1:49 pagi.

JCS mengatakan 10 jet tempur telah terdeteksi terbang 25 kilometer (15 mil) utara perbatasan antar-Korea pada Kamis (13/10) malam hingga Jumat (14/10) pagi, melintasi garis pengintaian yang ditetapkan Seoul.

Sebelumnya, Pyongyang menguji-tembak sepasang rudal jelajah strategis jarak jauh yang secara pribadi diawasi oleh Kim. Rudal jelajah yang lebih sulit untuk dideteksi dan dicegat itu terbang 2.000 kilometer (1.240 mil) di atas laut sebelum mengenai target.

Kim menyatakan kepuasan besar dengan tes rudal baru-baru ini, yang menunjukkan pasukan tempur nuklir negaranya dalam kesiapan penuh untuk perang.

Kim telah menggandakan pengembangan dan pengujian persenjataan nuklir yang dilarang. Para pejabat di Seoul dan Washington telah memperingatkan selama berbulan-bulan bahwa Pyongyang siap untuk melakukan uji coba nuklir lagi.

Kim mengatakan Korut akan memfokuskan semua upaya pada pengembangan angkatan bersenjata tempur nuklir nasional yang tak ada habisnya. Dia menjadikan perolehan nuklir taktis senjata yang lebih kecil dan lebih ringan yang dirancang untuk digunakan di medan perang sebagai prioritas utama pada kongres partai kunci pada Januari 2021.

Pyongyang secara teknis tidak dilarang oleh PBB untuk menguji rudal jelajah, tetapi semua peluncuran rudal balistik melanggar sanksi dan biasanya diusulkan oleh Seoul atau Tokyo. (AFP/OL-13)

Baca Juga: Korut Uji Sepasang Rudal yang Mampu Bawa Nuklir

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Muhamad Fauzi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat