visitaaponce.com

Inggris Janji Dukung Ukraina Hingga Menang

Inggris Janji Dukung Ukraina Hingga Menang
Perdana Menteri Inggris, Rishi Sunak.(AFP)

Perdana Menteri Inggris, Rishi Sunak bersumpah akan berdiri bersama Kyiv sampai Ukraina menang. Sementara ini Inggris memberikan bantuan persenjataan kepada Ukraina.

"Saya di sini hari ini untuk mengatakan bahwa Inggris akan terus mendukung Anda sampai Ukraina memenangkan perdamaian dan keamanan yang dibutuhkan dan pantas," kata Sunak dalam konferensi pers dengan Presiden, Volodymyr Zelensky di Kyiv.

Pemimpin Inggris itu mengumumkan paket pertahanan udara baru senilai US$60 juta. Paket itu termasuk 120 senjata pesawat, radar dan peralatan anti-drone.

Ukraina telah meminta lebih banyak sistem pertahanan udara karena Rusia menghancurkan infrastruktur energinya. Ini adalah kunjungan pertama Sunak ke Kyiv usai didapuk menjadi Perdana Menteri.

"Sungguh rendah hati berada bersama Anda di negara Anda hari ini. Keberanian rakyat Ukraina merupakan inspirasi bagi dunia," kata Sunak.

Zelensky memuji kunjungan Sunak yang berarti dan bermanfaat bagi kedua negara. Ia mengatakan tengah membahas kemungkinan melindungi keamanan energi Eropa dan Ukraina.

"Juga kemampuan kami dalam melindungi langit Ukraina, serta kerja sama pertahanan secara umum. Dengan teman-teman seperti Anda di sisi kami, kami yakin akan kemenangan kami," pungkas Zelensky. (CNA/OL-12)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Retno Hemawati

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat