visitaaponce.com

Protes Kebijakan Nol-Covid Tiongkok Tingkatkan Tekanan Ekonomi

Protes Kebijakan Nol-Covid Tiongkok Tingkatkan Tekanan Ekonomi
Ilustrasi(AFP)

Protes yang meluas terhadap kebijakan nol-Covid ketat Tiongkok dapat membuat ekonomi mereka yang sudah melambat berada di bawah tekanan yang lebih besar.

Pembatasan Covid-19 yang ketat di Tiongkok sangat penting dalam mengendalikan penyebaran virus corona, tetapi pembatasan tersebut sangat membebani ekonominya, kata para analis kepada CNA pada hari Selasa (29/11).

Direktur pelaksana firma riset Tiongkok Beige Book, Mr Shehzad Qazi, mengatakan bahwa protes ini hanya akan menambah tekanan, terutama untuk pasar yang mencoba yang terbaik untuk menggalang harapan berakhirnya nol-Covid, tetapi terpenuhi. berulang kali dengan kenyataan yang jauh lebih sulit bahwa nol-Covid tidak akan hilang, juga tidak ada tanda-tanda ekonomi Tiongkok akan pulih dalam waktu dekat.

Selama akhir pekan, gelombang protes jalanan meletus di kota-kota di seluruh Tiongkok dalam bentuk pembangkangan yang jarang terjadi terhadap kebijakan nol-Covid Tiongkok dan mengekang kebebasan. Beberapa kota di luar negeri, termasuk London dan Paris, sejak itu menggelar aksi dan demonstrasi untuk menunjukkan dukungan.

Kebakaran mematikan minggu lalu di Urumqi, di wilayah Xinjiang barat laut, memicu kemarahan publik, dengan banyak yang menyalahkan pembatasan karena menghambat upaya penyelamatan.

Tetapi jika protes terus berlanjut, itu bisa "mengaburkan prospek ekonomi", kata Shehzad kepada CNA's World Tonight. "2022 cukup lemah, saya pikir 2023 akan dimulai dengan catatan yang jauh lebih lemah pada saat itu,”. (CNA/OL-12)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Retno Hemawati

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat