visitaaponce.com

Israel Bersiap Serang Iran

Israel Bersiap Serang Iran
Benny Gantz.(AFP/Jalaa Marey.)

ISRAEL menyatakan rencana penyerangan terhadap situs nuklir Iran. Langkah itu kemungkinan akan dilakukan dalam dua atau tiga tahun ke depan dengan dalih antisipasi serangan Teheran.

Dengan upaya internasional untuk memperbarui kesepakatan nuklir 2015 yang terhenti, Iran meningkatkan pengayaan uranium. Proses dini dapat menghasilkan bahan bakar untuk bom nuklir. Iran menyangkal memiliki desain seperti itu untuk kebutuhan militer.

Para ahli mengatakan Iran berpotensi meningkatkan kemurnian uraniumnya ke tingkat senjata dalam waktu singkat. Namun membangun hulu ledak akan memakan waktu bertahun-tahun. "Dalam dua atau tiga tahun, Anda mungkin melintasi langit ke arah timur dan mengambil bagian dalam serangan terhadap situs nuklir di Iran," kata Menteri Pertahanan Israel Benny Gantz.

Selama lebih dari satu dekade, Israel telah mengeluarkan ancaman terselubung untuk menyerang fasilitas nuklir musuh bebuyutannya itu. Namun, beberapa ahli meragukan Israel memiliki kekuatan militer untuk memberikan kerusakan permanen pada sasaran Iran yang lokasinya jauh itu.

Ditambah lagi, fasilitas tersebut tersebar di beberapa lokasi dan dipertahankan dengan baik melalui sejumlah kekuatan militer Iran. Perkiraan intelijen militer Israel untuk 2023 Iran akan melanjutkan pengayaan uranium untuk kepentingan militer. "Iran hanya akan mengubah kebijakannya jika sanksi ekstrem diberlakukan kepada Iran," kata laporan intelijen itu.

Israel tidak membenarkan atau menyangkal memiliki persenjataan nuklir. Para ahli mempercayai kepemilikan tersebut setelah memperoleh bom pertama pada akhir 1966.

Tidak seperti Iran, Israel bukanlah penandatangan Traktat Non-Proliferasi sukarela tahun 1970 yang menawarkan akses ke teknologi nuklir sipil sebagai imbalan atas penolakan penggunaan senjata nuklir. (Straits Times/OL-14)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat