visitaaponce.com

Presiden Brasil Tuding Bolsonaro Ikut Persiapkan Kudeta

Presiden Brasil Tuding Bolsonaro Ikut Persiapkan Kudeta
Mantan Presiden Brasil Jair Bolsonaro dalam suatu konferensi.(AFP)

PRESIDEN Brasil Luiz Inacio Lula da Silva menuduh pemimpin terdahulu, yakni Jair Bolsonaro, secara aktif berpartisipasi dalam merencanakan kudeta ke gedung pemerintahan pada 8 Januari lalu.

"Hari ini, saya sangat sadar dan akan mengatakannya dengan lantang dan jelas, bahwa warga negara itu (mantan presiden Bolsonaro) mempersiapkan kudeta," kata Lula dalam sebuah wawancara dengan penyiar RedeTV!

Menurutnya, aksi kudeta bentuk protes terhadap kekalahan Bolsonaro dalam pemilu di Brasil. Diketahui, ribuan pendukung Bolsonaro mendobrak masuk ke Istana Kepresidenan, Kongres Brasil, hingga Mahkamah Agung. Tepatnya, sepekan setelah pelantikan Presiden Brasil yang baru.

Baca juga: Lula Resmi Dinyatakan Sebagai Pemenang Pemilu Brasil

Saat terjadi kudeta, Lula da Silva tidak berada di wilayah Ibu Kota. "Saya yakin Bolsonaro secara aktif berpartisipasi dalam hal itu dan masih berusaha untuk berpartisipasi," imbuhnya.

Tuduhan Lula terhadap Bolsonaro muncul pada hari yang sama, ketika seorang senator Brasil menuding mantan presiden tersebut menghadiri pertemuan terkait upaya mencegah serah terima kekuasaan.

Senator Marcos do Val menyebut rencananya adalah memaksa Ketua Pengadilan Tinggi Pemilihan Umum Alexandre de Moraes, untuk mengatakan sesuatu yang memberatkan sambil merekamnya secara diam-diam.

Baca juga: Presiden Brasil Curigai Pihak Intelijen Sekongkol dengan Demonstran

De Moraes merupakan target favorit para pendukung Bolsonaro, yang menuduh dia mencampuri pemilu untuk membantu Lula. Mantan sekutu Bolsonaro, Do Val, awalnya mengatakan kepada majalah Veja, bahwa Bolsonaro yang mempresentasikan rencana tersebut kepadanya.

Akan tetapi, kemudian dirinya mengubah versi cerita dan menyatakan bahwa mantan presiden tersebut tetap diam selama pertemuan. Diketahui, Do Val dipanggil untuk memberikan pernyataan kepada Kepolisian Federal.

Bolsonaro, yang telah meminta visa enam bulan untuk tetap berada di Amerika Serikat, sedang diselidiki sebagai bagian dari penyelidikan luas atas serangan 8 Januari.(AFP/OL-11)
 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat