visitaaponce.com

Lula Resmi Dinyatakan Sebagai Pemenang Pemilu Brasil

Lula Resmi Dinyatakan Sebagai Pemenang Pemilu Brasil
Presiden terpilih Brasil Luiz Inacio Lula da Silva (kanan) menerima piagam yang menyatakan dirinya sebagai pemenang pemilu Brasil.(AFP/EVARISTO SA)

PRESIDEN terpilih Brasil Luiz Inacio Lula da Silva, Senin (12/12), menangis dalam upacara penetapakan kemenangannya dalam pemilu negara Amerika Selatan itu. Hal itu berarti Lula akan menjadi presiden Brasil untuk masa jabatan ketiga.

Berbicara setelah menerima piagam yang menyatakan dirinya sebagai pemenang pemilu presiden Brasil putaran kedua pada 30 Oktober, pria berusia 77 tahun itu dipenuhi emosi dan memuji keberanian warga Brasil untuk memberikan kepercayaan pada pria yang bahkan tidak lulus kuliah.

Lula, yang akan dilantik sebagai presiden Brasil pada 1 Januari, mengalahkan petahanan Jiar Bolsonaro di pemilu putaran kedua.

Baca juga: Pemilu Brasil 2022: Jair Bolaonaro Akui Kemenangan Lula

Kemenangan Lula merupakan kebangkitan yang luar biasa bagi mantan presiden yang menjabat antara 2003 hingga 2010. Dia kemudian divonis penjara selama 18 bulan atas dakwaan kontroversial terkait korupsi di perusahaan minyak Brasil, Petrobras.

Lula, yang membantah terlibat dalam kasus korupsi itu dibebaskan pada November 2019.

Lula diizinkan mencalonkan diri pada pemilu tahun ini setelah Mahkamah Agung membatalkan vonis bersalahnya dengan alasanya adanya bias pada hakim yang memutuskan kasus itu, Sergio Moro, yang kemudian menjadi menteri kehakiman di bawah pemerintahan Bolsonaro.

Lula menyebut penyerahan sertifikat kemenangannya merupakan kemenangan demokrasi setelah Bolsonaro, tanpa bukti, menuding sistem pemilu Brasil curang dan meminta pendukungya menggelar demonstrasi memprotes hasil pemilu itu.

Lula mengalahkan Bolsonaro dengan margin tertipis sepanjang sejarah Brasil, unggul 50,9% melawan 50,1%.

Bolsonaro belum mau mengakui kekalahannya namun mengizinkan proses transisi berjalan. (AFP/OL-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat