visitaaponce.com

Bolsonaro Masih Bungkam Pascakekalahan dari Lula di Pemilu Brasil

Bolsonaro Masih Bungkam Pascakekalahan dari Lula di Pemilu Brasil
Presiden Brasil Jair Bolsonaro(AFP/BRUNA PRADO)

PRESIDEN sayap kanan Brasil Jair Bolsonaro masih bungkam pada Senin (31/10) setelah kalah dalam pemilu dan belum mengakui kekalahannya dari Inacio Lula da Silva.

Dua empat jam selepas voting pada Minggu (30/10), Bolsonaro belum mengakui hasil pemilu Brasil itu sehingga meningkatkan kekhawatiran dia akan menggugat hasil tersebut.

Lula berhasil menang dalam pemilu dengan marjin tertipis sepanjang sejarah Brasil, 50,9% melawan 49,1% untuk kembali menjadi presiden Brasil.

Baca juga : Berdasarkan Hasil Hitung Cepat, Lula Menangi Pemilu Brasil

Setelah pertarungan yang membelah warga Brasil, Lula kini memiliki banyak pekerjaan rumah mulai dari perekonomian yang terpuruk, kehanucaran hutan Amazon, dan kelompok sayap kanan yang marah.

Namun, kini yang pertama adalah apakah Bolsonaro akan mengaku kalah atau tidak.

Presiden petahana itu, hingga kini, belum berbicara, baik secara langsung ataupun melalui media sosial mengenai hasil pemilu Brasil setelah selama berbulan-bulan menuding pemilu itu akan berlaku curang dan ada upaya agar dirinya kalah.

Periode transisi kekuasaan diawali dengan ketegangan setelah pengemudi truk dan demonstran pro-Bolsonaro memblokade jalan tol di tidaknya 11 negara bagian pada Senin (31/10) dengan membakar ban dan memarkir truk mereka di tengah jalan. (AFP/OL-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat