visitaaponce.com

Jair Bolsonaro Panggil Massa untuk Demo Besar di Rio

Jair Bolsonaro Panggil Massa untuk Demo Besar di Rio 
Mantan presiden Brasil, Jair Bolsonaro, memanggil para pendukungnya untuk menghadiri demo massa di Pantai Copacabana Rio pada 21 April.(AFP)

DENGAN tantangan hukum mengintai, mantan presiden Brasil Jair Bolsonaro memanggil Sabtu untuk demo massa di pantai terkenal Copacabana Rio akhir bulan ini untuk menyoroti kekuatan dukungannya.

Demo 21 April itu akan datang setelah pertemuan di Sao Paulo pada Februari yang peneliti katakan menarik sekitar 185.000 orang.

"Kami akan mengikuti apa yang terjadi di Sao Paulo ... dan memberikan berita tentang demokrasi dan kehakiman kita," kata Bolsonaro dalam video yang dibagikan di akun media sosialnya.

Baca juga : Karnaval Rio Jadi Simbol Kebebasan Warga Brasil dari Covid dan Politik Identitas

Otoritas Brasil menyelidiki apakah mantan pemimpin sayap kanan jauh itu menghasut "upaya kudeta" untuk mencegah lawan pilpresnya tahun 2022 dan Presiden saat ini Luiz Inacio Lula da Silva mengambil alih jabatan pada Januari 2023.

Sebagai bagian dari penyelidikan itu, polisi menyita paspor Bolsonaro pada 8 Februari.

Dia sudah dilarang memegang jabatan publik selama delapan tahun karena tanpa dasar mencemarkan sistem pemungutan suara Brasil menjelang pemilihan 2022.

Baca juga : Pasca-Kerusuhan, Brasil Tingkatkan Penjagaan Gedung Pemerintahan

Polisi federal bulan lalu juga merekomendasikan dia didakwa karena memalsukan catatan vaksinasi Covid-19-nya.

Bolsonaro menghabiskan dua hari di kedutaan Hongaria di Brasilia pada Februari, tetapi pengacaranya membantah dia mencari perlindungan dari penyelidikan hukum.

New York Times melaporkan bahwa mantan pemimpin itu "bersembunyi" di kompleks diplomatik, tetapi pengacaranya mengatakan Bolsonaro hanya menghabiskan waktu dengan pejabat dari "negara sahabat" -- yang dipimpin oleh rekan pemimpin sayap kanan jauh, Viktor Orban.

Bolsonaro telah menyangkal semua tuduhan terhadapnya, mengatakan dia adalah korban "penyiksaan."

Seperti Donald Trump di Amerika, Bolsonaro, 69, telah mempertahankan inti pendukung yang fanatik dalam negara yang sangat terbelah, bahkan ketika tuduhan dan penyelidikan terhadapnya bertambah. (AFP/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat