visitaaponce.com

Brasil Kubur Kapal Induk Eks Prancis di Samudra Atlantik

Brasil Kubur Kapal Induk Eks Prancis di Samudra Atlantik
Kapal induk Brasil buatan Prancis yang diberi nama Sao Paulo bakal ditenggelamkan di Samudra Atlantik.(AFP/HO/Angkatan Laut Brasil)

BRASIL telah menenggelamkan kapal induk yang sudah dinonaktifkan di Samudra Atlantik. Kapal berusia enam dekade itu dibeli dari Prancis 12 tahun lalu.

"Penenggelaman kapal yang terencana dan terkendali telah dilakukan pada Jumat (3/2), sore sekitar 350 kilometer dari lepas pantai Brasil di Samudra Atlantik, di area dengan kedalaman 5 ribu meter," kata Angkatan Laut Brasil.

Keputusan menenggelamkan kapal induk yang diberi nama Sao Paulo karena gagal menemukan pelabuhan yang bersedia menampung kapal tersebut. Sao Paulo ditenggelamkan di area aman.

Namun, kelompok pecinta lingkungan mengkritik keputusan tersebut. Sao Paulo dianggap terlalu berisiko terhadap lingkungan karena mengandung berton-ton asbes, logam berat, dan bahan beracun lainnya.


Baca juga: Tiongkok Kecam Penembakan Balon Udaranya oleh Amerika


Basel Action Network telah meminta Presiden Brasil Luiz Inacio Lula da Silva untuk segera menghentikan rencana berbahaya terkait  penenggelaman kapal tersebut. Kelompok lainnya, Shipbreaking Platform, menyebut penenggelaman Sao Paulo merupakan kejahatan lingkungan yang disponsori negara.

Dibangun pada akhir 1950-an di Prancis, yang angkatan lautnya mengarungi kapal induk selama 37 tahun sebagai Foch, Sao Paulo mendapat tempat dalam sejarah angkatan laut abad ke-20.

Sao Paulo mengambil bagian dalam uji coba nuklir pertama Prancis di Pasifik pada 1960-an, dan pernah berlayar di Afrika, Timur Tengah, dan bekas Yugoslavia dari 1970-an hingga 1990-an.

Brasil membeli kapal induk sepanjang 266 meter itu seharga US$12 juta pada 2000. Kapal ini sempat mengalami kebakaran lima tahun setelahnya.

Tahun lalu, Brasil memberi wewenang kepada perusahaan Turki Sok Denizcilik untuk membongkar Sao Paulo untuk diambil besi-besinya. Namun pada Agustus lalu, saat sebuah kapal tongkang akan menariknya ke Laut Mediterania, otoritas lingkungan Turki memblokir rencana tersebut. (Aljazeera/OL-16)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat