visitaaponce.com

Brasil vs Kolombia Adu Gengsi dan Kesempatan Emas di Copa America 2024

Brasil vs Kolombia: Adu Gengsi dan Kesempatan Emas di Copa America 2024
ilustrasi timnas Brasil dalam Copa America 2024(MI)

KOLOMBIA telah memastikan tempat mereka di perempatfinal Copa America, dan jika tidak terjadi bencana, Brazil juga akan berada di delapan besar.

Namun bukan berarti pertemuan Grup D Copa America antara Kolombia vs Brazil pada hari Rabu (3/7) akan menjadi sebuah pertandingan yang mudah. Ada banyak hal yang dipertaruhkan.

Pertama, terdapat keinginan untuk mendapatkan pertandingan yang lebih mudah di babak selanjutnya. Pemenang grup hampir pasti akan terhindar dari Uruguay di perempat final. Kolombia akan memuncaki Grup D dengan hasil imbang, sedangkan Brasil harus menang.

Baca juga : Mantan Wakil Presiden Ekuador Jorge Glas Memohon Bantuan di Tengah Krisis dengan Meksiko

Kemudian, ada rivalitas yang terkadang dapat merambat menjadi bentrokan antara Brasil dan Kolombia. Sepuluh tahun telah berlalu sejak perempat final Piala Dunia di Fortaleza. Semuanya berakhir dengan air mata, dengan Neymar, korban dari sebuah pelanggaran yang kejam, dipaksa keluar dari kompetisi.

Namun Brasil lah yang memulai pertarungan, dengan usaha kasar untuk mengintimidasi James Rodríguez, yang saat itu merupakan pemain luar biasa, dan kini merupakan burung hantu tua yang bijaksana dari tim Kolombia. Pertandingan tersebut meninggalkan rasa tidak enak di mulut semua orang, dan kepahitan muncul dalam beberapa pertemuan berikutnya.

Mungkin yang paling penting, ada perjuangan untuk gengsi dan supremasi. Pelatih Brasil, Dorival Junior, memberikan pujian atas kebangkitan tim Kolombia saat ini, dan menempatkan mereka, bersama dengan Argentina dan Uruguay, di tiga besar benua.

Baca juga : PBB Ingatkan Ledakan Kematian Anak Gaza karena Bencana Kelaparan

"Mungkin ini adalah Copa America pertama di mana kami tidak menjadi favorit. Itulah kenyataannya. Kami harus menerima hasil-hasil yang ada," kata Dorival mengutip ESPN, (1/7).

"Brasil akan bermain di level yang sangat tinggi dan lebih baik dari dua pertandingan pertama ini, bermain dengan otoritas yang lebih besar," imbuhnya.

Pemain Brasil, Bruno Guimaraes mengatakan bahwa saat ini Timnas Brasil tengah menghadapi banyak tekanan dari para penonton. Ia merasakan bahwa saat ini ekspektasi yang diberikan kepada para pemain oleh para penonton cukup tinggi.

Baca juga : Pemecatan Presiden CBF: Guncang Dunia Sepak Bola Brasil dan Ancaman FIFA

Oleh karena itu, lewat pertandingan-pertandingan di Copa America ini, ia dan rekan timnya ingin lebih mendekatkan diri dengan para pendukung.

"Ketika saya masih kecil saya jatuh cinta dengan Ronaldo, Ronaldinho, Kaká. Kami ingin melakukan ini dengan Vini, Rodrygo. Kami juga ingin mencatatkan nama kami dalam sejarah dan tidak ada yang namanya kami melawan fans," kata Bruno mengutip laman resmi Federasi Sepak Bola Brasil (CFB), (1/7).

Pertandingan lainnya, Kosta Rika akan mengakhiri babak penyisihan grup Copa America 2024 dengan menghadapi Paraguay di Stadion Q2 pada hari Rabu (3/7).

Baca juga : Panpel Dituding Bertanggung Jawab Atas Bentrokan Pendukung Brasil dan Argentina

Kedua tim sama-sama belum meraih kemenangan di kompetisi ini. Kosta Rika masih dapat lolos ke babak sistem gugur, sedangkan Paraguay telah tersingkir dari kompetisi.

Los Ticos menahan imbang Brasil tanpa gol dalam pertandingan pembuka mereka, namun kalah 3-0 atas Kolombia dalam pertandingan sebelumnya. Mereka tidak hanya membutuhkan kemenangan dalam pertandingan ini untuk memastikan tempat mereka di babak selanjutnya, namun juga berharap Brasil kalah atas Kolombia, yang telah lolos, di pertandingan terakhir penyisihan grup.

Striker Manfred Ugalde tidak dapat tampil dalam pertandingan krusial melawan Paraguay karena akumulasi kartu kuning.

La Albirroja menderita kekalahan 2-1 dari Kolombia di pertandingan pembuka mereka dan kalah 4-1 dari Brasil di pertandingan terakhir. Mereka tersingkir dari babak penyisihan grup di Copa America untuk pertama kalinya sejak edisi 2016, yang secara kebetulan, juga diadakan di Amerika Serikat.

Kosta Rika belum pernah mencetak gol di kompetisi ini, sedangkan Paraguay telah kebobolan enam gol dalam dua pertandingan, dengan hanya Bolivia dan Jamaika (masing-masing tujuh gol) yang kebobolan lebih banyak, kedua tim mungkin akan kesulitan untuk mencetak gol di pertandingan ini. Melihat sejarah mereka akhir-akhir ini, hasil imbang sepertinya akan terjadi. (Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat